Aktivitas tim peserta lomba MRC yang melakkan pemberian pertolongan terhadap korban kecelakaan kerja.


Padang.Lintas Media News.
Sebanyak 10 tim rescue dari berbagai perusahaan  di Indonesia, ikut ambil bagian pada ajang Mine Rescue Challenge (MRC)  yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati Bulan  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan Bulan Mutu tahun 2020,  di Villa 242  IUP Batu kapur Tambang PT Semen Padang.
Rabu (5/2/2020).

Lomba yang dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Tambang & Pengolahan Bahan Baku PT Semen Padang Andria Delfa itu, dihadiri Kepala kantor SAR Padang Asnedi, Koordinator Inspektur Tambang Dinas ESDM Sumbar Hendri M. Siddik, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati,Kepala Unit HSE Semen Padang Mustaqim Nasra ,  Kepala Unit Produksi Bahan Baku Semen Padang Donny Aswin Idham, Kepala Unit Perencanaan & Pengawasan Tambang Dedi Muhammad Siddiq beserta staf lainnya.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang Hendri Priparis mengatakan, 10 tim yang ambil bagian dalam lomba MRC tersebut yakni, PT Dahana Subang, PT United Tractor Semen Gresik , PT Kepsindo Padang, PT Ansar Terang Chrushindo Kab 50 Kota, Mine Rescue Tambang Semen Padang, Tim Reaksi Cepat Semen Padang,  PT Hexindo Jakarta,  Jaya Sentrikon Indonesia, PT PLN Padang, PT United Tractor Padang dan Trakindo Utama Padang.

Pada  lomba itu, panitia menghadirkan pihak dari Basarnas, ESDM dan BPK Semen Padang sebagai juri. Acara akan ditutup dengan Talkshow Keselamatan Tambang pada Jumat, 7 Februari 2020.

Menurut Hendri, lomba MRC  ini  merupakan yang  pertama diadakan di Semen Padang. Dalam lomba ini, masing-masing tim rescue dari berbagai perusahaan tambang akan diberikan tiga challenge yang diperlombakan, yaitu High Angle Rescue Technique (HART), Fire Rescue dan Vehicle Accident Rescue (VAR).

Untuk HART atau teknik pertolongan pada ketinggian, skenarionya berupa adanya pekerja tambang yang sedang memperbaiki tangki air terjatuh di lantai tiga dan mengalami kondisi cidera pada kakinya, sehingga pekerja tersebut harus dievakuasi dengan menggunakan tali.

Kemudian skenario untuk Fire Rescue atau teknik pertolongan pada bangunan yang mengalami kebakaran dan evakuasi korban, lanjutnya, yaitu berupa kecelakaan kerja, sehingga menimbulkan asap dan percikan api pada lantai satu, dua, dan tiga. Karena percikapan api itu mengancam keselamatan, semua karyawan kemudian berlarian keluar gedung.

Informasi dari beberapa karyawan, diketahui bahwa salah seorang karyawan terperangkap di dalam gedung, karena terjatuh saat hendak berlari. "Jadi dalam kodisi challenge ini, tim peserta lomba akan memberikan pertolongan dan evakuasi karyawan yang terjatuh tersebut ke luar gedung," ujarnya.

Sedangkan untuk challange VAR atau teknik pertolongan pada kecelakaan kendaraan yang memerlukan penanganan khusus, Hendri menuturkan bahwa skenarionya berupa adanya sebuah mobil operasional tambang yang mengalami kecelakaan di kawasan pertambangan.

Pengemudi dan dua orang penumpangnya, sebut Hendri, mengalami luka-luka dan harus harus dievakuasi. Dalam challenge ini, tim peserta lomba Mine Rescue Challange akan memberikan bantuan penyelamatan dan evakuasi. "Ketiga challenge yang diperlombakan ini akan dinilai oleh juri. Tim yang nilainya tertinggi, akan keluar sebagai juara MRC ," bebernya.

Lomba MRC ini, menurut  Hendri, digelar dalam rangka Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang. Dan lomba ini digelar berdasarkan atas  Surat Edaran dari Kementerian ESDM No.3913/37.04/dbt/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 sebagai upaya perusahaan untuk mengurangi kecelakaan dan membudayakan K3.

"Selain Surat Edaran Kementerian ESDM, juga Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No.328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan k3 Nasional tahun 2020 dan Surat Penugasan Panitia Penyambutan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT semen Padang tahun 2020 No.00006/HM.11.04/SPE/50050424/2000/02.2000," tuturnya.

Koordinator Inspektur Tambang Dinas ESDM Provinsi Sumbar Hendri M Shiddik mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menggelar lomba MRC ini. Apalagi sejak lima tahun terakhir ini, baru kali ini lomba tersebut digelar.

"Kami dari Dinas ESDM Sumbar yang mengawasi kegiatan tambang, berterimakasih kepada PT Semen Padang yang telah melaksanakan lomba ini, apalagi lomba ini digelar dalam rangka Bulan K3 Nasional. Kemudian kepada peserta lomba, kami berpesan untuk berlombalah dengan semangat dan jujur," katanya.

Kepala Departemen Tambang & Pengolahan Bahan Baku PT Semen Padang Andria Delfa mengatakan, bahwa lomba ini bagi perusahaan, tentunya dapat meningkatkan kesadaran terhadap risiko kerja di area pertambangan, serta menjadi knowledge sharing.

"Mudah-mudahan melalui lomba ini, standar-standar keselamatan kerja di areal pertambangan dapat ditingkatkan, dan ditularkan ke masing-masing perusahaan, khususnya perusahaan dari para peserta lomba MRC  yang berasa dari berbagai perusahaan tambang di Indonesia," katanya.(b)


 
Top