Padang.Lintas Media.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah gelar rapat paripurna memperingati  Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat yang ke 74 di ruangan sidang utama DPRD Sumbar Selasa (1/10).

Di peringatinya hari jadi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini pada 1 Oktober setelah DPRD bersama pemerintah provinsi menetapkannya pada rapat paripurna dewan  tanggal 22 Juli 2019 lalu dengan menyepakati Peraturan Daerah (Perda)nya.

Pimpinan sementara DPRD Sumbar Desrio Putra didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Sumbar Irsyad Syafar dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan.Ditetapkannyah Dr tanggal 1 Oktober sebagai hari Jadi Provinsi Sumatera Barat dilatar belakangi momentum sejarah dengan melaksanakan rapat Komite Nasional Indonesi-Sumatera Barat (KNID-SB) atau lembaga Perwakilan Rakyat Daerah waktu itu, yang memutuskan "dibentuknya kembali Keresidenan Sumatera Barat serta memilih Residen Sumatera Barat".

Penetapan tanggal 1 Oktober 1945 tersebut,semakin memberi makna,karena bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

Desrio menegaskan.Perlu digaris bawahi dan dipahami bersama,bahwa ditetapkannya tanggal 1 Oktober 1945 sebagai titik tolak terbentuknya Provinsi Sumbar,adalah Sumatera Barat sebagai kesatuan pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan itu,Desrio memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Anggota DPRD masa jabatan tahun 2014-2019 dan pemerintah Daerah yang telah berhasil menetapkan Perda tentang Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat.

"Kita harus menyadari,bahwa penetapan Hari Jadi ini telah melalui perjalanan panjang dan perdebatan yang alot,karena banyaknya perbedaan pandangan terhadap momentum yang paling tepat untuk dijadikan sebagai titik tolak hari jadi Provinsi Sumatera Barat",jelas Desrio.

Peringati hari jadi provinsi ini hendaknya dapat dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan percepatan pembangunan daerah,meningkatkan pemerataan dan kualitas pembangunan di semua daerah Kabupaten/kota serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumbar.Tutup Desrio.

Ikut memberikan sambutan pada rapat paripurna memeringati hari Jadi Provinsi Sumbar ini Dr.Yulizar Yunus,M.Si.Ahli Sejara Islam Sumatera Barat dari Universitas Islam Negara Imam Bonjol Padang mewakili masyarakat Sumbar.Dan Drs.H.Rusdi Lubis,M.Si mantan Pamong Senior dilingkungan Pemerintah Robinson Sumatera Barat.(Sri)

 
Top