Padang.Lintas Media News.
 Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit membuka orientasi dan pendalaman tugas sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya periode 2019-2024.

Kegiatan dihadiri seluruh jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya di Premier Basko Hotel Padang, Rabu 11 September 2019.

Wagub Nasrul Abit menginginkan, antara anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya dengan kepala daerah dan jajarannya merupakan mitra dalam pembangunan di daerah yang harus selalu bekerjasama.

"Membangun Sumbar perlu kerjasama yang solid dan bekerjakeras, termasuk juga Pemerintah Dharmasraya harus ada dukungan dari DPRD," ujar Wagub Sumbar.

Dengan memahami tentang fungsi DPRD terhadap Kinerja Pemerintah Daerah sebagai representasi rakyat dengan mendorong percepatan Perekonomian dan Pembangunan Daerah.

“Kegiatan ini merupakan proses pengenalan tugas-tugas dan kewenangan anggota DPRD. Mudah-mudahan akan muncul pemahaman dan pemikiran yang jernih dan cerdas untuk bertindak positif dalam rangka turut serta memajukan pembangunan daerah, juga dapat meningkatkan perekonomian rakyat," katanya.

Wagub Nasrul Abit melanjutkan bahwa hal ini dilakukan agar bisa bersama-sama diwujudkan untuk menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat.

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar Jefrinal Arifin dalam laporannya, 30 anggota DPRD dibekali dengan materi tentang pemahaman empat pilar kebangsaan dan wawasan kebangsaan, yaitu tentang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu anggota DPRD Dharmasraya juga dibekali pemahaman tentang Sistem Pemerintahan Indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, pembangunan daerah serta pengelolaan keuangan daerah.

Orientasi yang di fasilitasi oleh OPD Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar tersebut, berlangsung selama lima hari yakni (30 jam) dari tanggal 10-14 September 2019 nanti.

Menurutnya, jika belum menjalankan orientasi oleh DPRD, bagaimana menjalankan tugas yang sifatnya strategis. Sebab, anggota DPRD memiliki berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang berbeda, makanya perlu dilaksanakan orientasi ini.(rel)

 
Top