Padang. Lintas Media.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Raflis menyambut kedatangan siswa/siswi SD Yari School bersama beberapa orang jajarannya di Sekretariat DPRD di ruangan khusus I DPRD,Selasa (10/9).

Kedatangan siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) Yayasan Anak Republik Indonesia (YARI) School tersebut ke gedung DPRD,ingin mengetahui seluk beluk kelembagaan DPRD.

Kepala SD Yari School, Septia Meri menjelaskan, kedatangan ke gedung DPRD adalah dalam rangka pengenalan langsung kelembagaan DPRD kepada siswa. Dengan cara belajar langsung seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kelembagaan DPRD.

Septia Meri menambahkan, ada perbedaan daya serap dan daya ingat usia anak-anak antara hanya mendengarkan dengan belajar langsung ke lapangan. Pengalaman di lapangan lebih cepat dipahami dan diingat daripada hanya dengan mendengar.

“Jadi, dengan membawa anak – anak langsung ke gedung DPRD, tentunya hasil yang dicapai dalam pembelajaran akan berbeda dengan hasil yang diperoleh melalui penjelasan di kelas,” ulasnya.

Sekretaris DPRD, Raflis sangat mengapresiasi kedatangan anak – anak tersebut ke gedung DPRD untuk belajar dan mencari tahu seluk beluk kelembagaan DPRD.

Disamping mengapresiasi  murid-muridnya,Raflis juga mengapresiasi guru – guru yang telah mengajak siswa/siswinya untuk datang ke gedung DPRD untuk memberikan pengenalan kelembagaan DPRD kepada anak – anak sejak dini.

Pada kesempatan itu,Raflis menerangkan. Fungsi DPRD kepada para siswa. Anggota DPRD berasal dari partai politik dan dipilih oleh masyarakat melalui pemilihan umum (pemilu). Untuk periode 2019 – 2024 ini anggota DPRD Sumbar berasal dari sembilan parpol yaitu Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Golkar, PPP, PDIP, Nasdem dan PKB.

“Anggota dewan terbanyak berasal dari Partai Gerindra yaitu 14 kursi. Kemudian dari PKS ada 10 kursi, Demokrat ada 10 kursi serta PAN juga 10 kursi,” terang Raflis menjawab pertanyaan salah seorang siswa SD Yari School.

Raflis juga menerangkan mengenai tugas – tugas anggota DPRD kepada para siswa. Dia berharap, pengenalan lingkungan lembaga DPRD akan mendorong generasi bangsa ke depan semakin cerdas dalam mengenal lembaga – lembaga pemerintahan serta memahami fungsi masing-masing lembaga tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan juga, diantara anak – anak yang hadir hari ini ada yang menjadi anggota DPRD nantinya. Untuk itu kalian harus rajin belajar supaya cerdas dan bisa mencapai apa yang kalian cita-citakan,” pesan Raflis. (Sri)

 
Top