Padang,Lintas Media News.
Untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok masyarakat selama bulan ramadhan dan hari lebaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengadakan bazar,yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbat Irwan Prayitno di halaman Kantor Gubernur Sumbar.Selasa (21/5).

Dalam sambutannya, Gubernur Irwan Prayitno sangat merespon dan mendorong kegiatan tersebut, diharapkan dapat membantu memenuhi kebubutuhan masyarakat selama bulan ramadhan dan lebaran, karena di bazar harga barang dijual lebih murah dibandingkan harga yang ada di pasaran.

"Bazar ini diperuntukan bagi masyarakat golongan menengah ke bawah dan PNS golongan III kebawah, karena harga barang yang ada di bazar ini sudah bersubsidi," kata gubernur.

Bazar yang telah menjadi agenda rutin Pemprov setiap tahunnya di bulan ramadhan ini, menurut Irwan Prayitno selain kebutuhan pokok,pengunjung juga dihibur oleh
organ tunggal sebagai daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke bazar yang dimulai dari tanggal 21-24 Mei 2019.

Gubernur berharap, melalui bazar ini hendaknya  dapat menunjang produk UKM mulai dari hasil industri rumahan, pertanian, peternakan, pekebunan dan lainnya.

Sementara,Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumbar Irsad, SE.MM mengatakan, kegiatan bazar ini merupakan program setiap tahun sebagai bentuk kepedulian akan kebutuhan masyarakat dalam bulan ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri.

Karena itu akan ada subsidi harga terhadap beberapa kebutuhan pokok terutama pada, bawang putih, cabe, daging, telur, beras, minyak goreng dan lain-lain terutama untuk keluarga yang kurang mampu.

Selanjutnya pemerintah provinsi Sumbar menyediakan kupon belanja yang sudah disubsidi sebanyak 350 lembar yang bekerjasama dengan Bank Nagari dan PT. Semen Padang, dengan dibagikan pada masyarakat tidak mampu di sekitar kantor gubernur dan sejumlah kawasan di Padang.

“Penerima kupon dipastikan masyarakat tidak mampu di sekitar kantor gubernur dan sejumlah kawasan di Padang. Mendapatkan kupon yang dibagikan melalui RT dan Lurah," ujar Irsad

"Dengan tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan sembako harga murah dengan membawa kuponnya," jelasnya.

Setelah diresmikannya Bazar Ramadhan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno, Wagub Nasrul Abit dan para kepala OPD langsung mengunjungi stan UKM dan sekaligus mengecek harga bahan pokok, seperti bawang putih, cabe, beras dan telur.

Berdasarkan Pemantauan Harga, kenaikan harga bahan pokok hampir di semua berfariasi, namun kenaikan harga bawang putih, bawang merah, cabe, telur, beras, daging dan lain-lainnya, masih batas wajar. Intinya harga bahan pokok di Sumbar termasuk stabil.

Selain Gubernur Sumbar dalam peresmian tersebut hadir juga Wakil gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sekda Sumbar Alwis dan para kepala OPD Sumbar serta diikuti oleh Ketua Dekranasda Sumbar Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Ketua BKOW Wartawati Nasrul Abit, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumbar Linda Alwis dan instansi lainnya.(b)
 
Top