Padang,Lintas Media News.
Untuk membantu dan memberikan kemudahan bagi masyarakat agar bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah,Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumbar mengadakan Bazar Ramadhan dan sembako murah di Halaman kantor Dinas Koperasi Sumbar Jalan Khatib Sulaiman Padang dari tanggal 27-30 Mai ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Zirma Yusri mengatakan. Sistem bazar atau pasar murah yang dilaksanakan dalam tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.Kalau tahun sebelumnya, kupon sembako murah ini dibagikan oleh panitia,sekarang kupon tersebut langsung didapat pada pelaksana produk.

"Hal itu kita lakukan karena,sering  pembagiannya tidak rata sewaktu  pembagian kupon tersebut dilaksanakan oleh panitia, makanya sekarang subsidi yang kita berikan kepada masyarakat itu langsung kita lekatkan ke produk," jelas Zirma.

Menurut Zirma,Bazar Ramadhan yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat ini, bekerjasama dengan PT. Semen Padang, PT. Bank Nagari Sumbar, PT. Jasa Raharja, PT. PNM Padang, PT. Pos Wilayah Sumbar, Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Padang yang telah berkomitmen membantu menyediakan kebutuhan masyarakat dengan harga relatif murah dan terjangkau.

Terkait subsidi sembako ini,Zirma menjelaskan. Panitia menyediakan 1.500 voucher belanja yang mana,Voucher tersebut bisa didapatkan oleh masyarakat, dengan cara mendaftar terlebih dahulu kepada pemilik produk yang mau dibeli,dan voucher tersebut hanya berlaku untuk bahan sembako seperti, gula pasir, minyak goreng, ayam potong, telur ayam, Daging Sapi dan cabe dengan harga yang murah. Besaran subsidinya sebesar Rp 5.000 sampai dengan Rp 10 ribu tergantung komoditi.Sedangkan barang-barang lainnya tidak dibeli dengan menggunakan voucher tetapi dengan menggunakan uang tunai dengan harga juga di jamin murah.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai pembukaan Bazar mengatakan.Untuk menyikapi perkembangan harga yang cenderung meningkat pada bulan ramadhan dan lebaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui  Dinas Koperasi dan UMKM memberikan bantuan sebanyak Rp 40 juta untuk subsidi kepada para pedagang yang turut serta membuka lapak dagangannya di Bazar Ramadhan.

"Subsidi untuk sembako ini diadakan untuk membantu masyarakat menikmati harga yang lebih murah dari pasaran. Sehingga, masyarakat bisa mengirit belanjaan menjelang lebaran"kata Nasrul Abit.

Pada kesempatan itu,Nasrul  Abit  selaku Wakil Gubernur Sumbar menyampaikan.Sangat mengapresiasi Dinas Koperasi yang bekerjasama dengan stakeholdernya  memberikan bantuan sebanyak Rp. 40 juta kepada 150 UMKM  yang berasal dari Kabupaten Kota se Sumbar yang ikut berpartisipasi pada pelaksanaan bazar ini.(st)

 
Top