Padang,Lintas Media News.

Diplomacy Festival (Diplofest) akan diselenggarakan 1-2 Februari 2019 di Padang, Sumatera Barat. Diplofest diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk membumikan diplomasi Indonesia agar lebih dekat dengan masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa, pelajar dan pemuda pemudi di Padang.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Ekonomi Setdaprov. Sumbar Irsyad, SE. MM. disela-sela Rapat Koordinasi dengan Tim advan dari kemenlu di ruang Rapat kantor Gubernur, Kamis (31/1/2019).

Lebih lanjut Irsyad menyampaikan, pembukaan DiploFest 2019 di Padang ini akan dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Republika Indonesia (RI) Retno Marsudi, yang juga akan didampingi Gubenur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Diplofest juga memiliki banyak kegiatan di beberapa univesitas di Sumatera Barat, melibatkan mahasiswa dan masyarakat umum,  untuk membangun diplomasi dalam berbagai bidang di dunia internasional, ujarnya.

Berdasarkan pres release humas Kemenlu,  Kegiatan Diplofest 2019 Diplofest menghadirkan dua kegiatan yaitu public lecture dan Festival Diplomasi. Dalam public lecture, para pelajar dan mahasiswa dapat langsung berdiskusi dengan pelaku garis depan diplomasi Indonesia termasuk langsung dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi. Public Lecture dengan Menlu RI akan diselenggarakan di Universitas Andalas tanggal 2 Februari 2019 pukul 9.00 – 11.00 pagi yang akan membahas mengenai kiprah Diplomasi Indonesia. Sebelumnya, Direktur Jenderal Multilateral, Febrian A. Ruddyard akan membahas mengenai kreatif ekonomi di Universitas Negeri Padang tanggal 1 Februari 2019 pukul 14.00 – 16.00.

Sementara itu, Festival Diplomasi akan diselenggarakan di Lapangan Imam Bonjol tanggal 2 Februari 2019 mulai jam 12.00 siang. Dalam festival ini, para pengujung bisa menyelami diplomasi Indonesia secara langsung. Mereka dapat terjun merasakan mewakili Indonesia  berkontribusi untuk perdamaian dunia dalam sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi  dengan wakil negara lain dalam sidang bilateral, berlatih berbicara di depan publik, simulasi TOEFL/IELTS dan banyak lagi.

Festival Diplomasi juga menghadirkan area Edu Fairs, dimana pelajar dapat mengujungi berbagai booth dari berbagai program beasiswa, bagaimana menjadi Diplomat, hingga lowongan kerja di Organisasi Internasional seperti PBB. Di area ini, Pengunjung juga dapat langsung berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan para diplomat Indonesia.  Selain itu, Festival akan menampilkan berbagai artis Nasional seperti RAN, Payung Teduh dan Yura Yunita untuk meramaikan suasana DiploFest.

Pendaftaran untuk Public Lecture dan Festival Diplomasi telah dibuka sejak 27 Januari 2019. Pendaftaran dapat dilihat melalui Instagram dan twitter Kemlu RI di @Kemlu_RI.

Diplofest Padang adalah kegiatan Diplomacy Festival keempat yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri. Sebelumnya pada tahun 2018, Diplofest telah diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya dan Bandung yang telah menarik sekitar 15.000 peserta secara total. Diplofest diharapkan dapat mendorong masyarakat khususnya Generasi Muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami dan menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia. Karena Diplomasi Indonesia adalah milik Bersama.(rel)
 
Top