Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit mengatakan. Tantara Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI bersama lembaga sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

Hal itu disampaikan Nasrul Abit saat membuka secara resmi kegiatan TMMD ke-102 Kodim 0305/Pasaman di Jorong Situak Barat Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (10/7).

Dikatakan Nasrul Abit,TMMD Ke 102 ini merupakan momentum meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan percepatan pembangunan di daerah 3 T.TMMD juga bertujuan meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

“TMMD ke-102 dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia di beberapa daerah. TMMD juga merupakan upaya dari TNI untuk melestarikan kemanunggalan TNI di tengah masyarakat sekaligus dalam rangka percepatan pembangunan di daerah terisolir,” ungkapnya.

Sementara, Dandim 0305/Pasaman, Pri Isdiyanto menyampaikan, TMMD di jorong Situak Barat akan dilakukan beberapa kegiatan fisik dan non fisik diantaranya, pembukaan akses jalan sepanjang 8 Kilometer, pembangunan Gorong-gorong sebanyak 3 unit dan pembangunan 45 jamban bagi warga kurang mampu. Sedangkan kegiatan non fisik sendiri berupa memberikan penyuluhan kepada masyarakat bekerja sama dengan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar.

“Kita bertekad, TMMD ke 102 Kodim 0305/Pasaman akan dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai dengan yang diharapkan,”Pungkas nya Dandim 0305/Pasaman

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pasbar, H. Syahiran mengajak kepada segenap masyarakat untuk aktif bergotong-royong dalam semua program dan kegiatan TMMD di daerah tersebut.

“Kita yakin dan percaya bahwa pelaksanaan TMMD ke-102 akan memberikan pelajaran berharga tentang betapa pentingnya semangat gotong-royong membangun bangsa. Saya minta semua masyarakat aktif bergotong-royong,” ajak nya Bupati.

TMMD ke 102 Kodim 0305/Pasaman di Situak barat melibatkan 20 OPD dilingkungan Pemkab Pasbar ditambah dengan instansi vertikal yakni Polres Pasbar, Kejaksaan Negeri dan BNNK Pasbar. Seluruhnya akan berkontribusi dengan melakukan kegiatan lebih kurang 40 kegiatan.

“Semoga TMMD akan membawa perubahan daerah ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Selamat Lubis meminta kepada seluruh unsur yang terlibat dalam TMMD ke 102 agar memenuhi harapan masyarakat disamping program fisik dan non fisik yang telah digagas oleh pemerintah dan TNI Kodim 0305/ Pasaman dalam TMMD.

Pembukaan TMMD ke-102 Kodim 0305/Pasaman turut dihadiri Danrem 032/Wirabraja Yang di wakili oleh Kasrem 032/Wbr Kolonel Sonny Septiono. para Kasi korem 032/Wbr Dandim se-Sumbar, kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, Ketua Persit 032/Wirabraja, Forkopimda Pasbar, Para camat dan Muspika kecamatan se-Pasbar dan masyarakat setempat. (st).
 
Top