Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P mengatakan.Pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar Kebangsaan sangatlah penting bagi segenap komponen Bangsa, salah satunya kepada generasi muda sebagai calon pemegang tongkat estafet kepemimpinan Nasional di Republik ini.

Hal itu disampaikan Danrem 032/Wirabraja Brigjen  TNI Mirza Agus, S.I.P  pada acara pembukaan kegiatan wawasan Kebangsaan untuk 3.203 orang Mahasiswa/ibaru Universitas Negeri Padang Tahun. 2018 di Auditorium UNP Jalan Prof DR. Hamka Airtawar Padang, Senin (23/7).

Generasi muda adalah penerus bangsa yang harus dijaga dan dibentuk rasa nasionalisme mereka terhadap bangsa dan negaranya. Sehingga budaya, pola pikir, tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang datangnya dari luar dan saat ini bermunculan melalui informasi yang disampaikan melalui media sosial. Kata Danrem.

 Danrem menjelaskan,kepedulian terhadap generasi muda agar memiliki wawasan kebangsaan yang baik telah ditunjukkan oleh TNI AD khususnya Korem 032/Wirabraja yang memiliki tanggung jawab dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Sumatera barat serta melaksanakan pembinaan territorial untuk menciptakan daya tahan wilayah terhadap setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu stabilitas nasional khususnya di wilayah Sumbar.

Menurut Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P  untuk Menyikapi hal tersebut diatas dan sejalan dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara UNP dengan Korem 032/Wbr pada tanggal 25 September 2014, tentang peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang, maka kegiatan ini dirasa sangatlah tepat untuk dilaksanakan dalam rangka membentengi Generasi muda dari pengaruh globalisasi yang menggerus nilai-nilai semangat cinta tanah air.

Lebih lanjut ia mengharapkan melalui kegiatan Wasbang ini dapat mampu mewujudkan generasi muda dan peserta didik UNP sebagai Universitas kebanggaan mayasrakat Sumatera Barat secara khusus serta kebanggaan Indonesia secara umum untuk memahami tentang Pancasila sebagai Dasar Negara, Kebhinekaan, UUD 1945 dan memahami tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia secara utuh dan menyeluruh, dengan demikian akan mampu meningkatkan semangat cinta tanah air.

Danrem juga mengajak kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan seoptimal mungkin waktu pelatihan  yang  singkat ini  untuk menggali sedalam-dalamnya dan memahami materi-materi yang disajikan serta terjalin kerja sama yang harmonis sehingga, pelatihan ini dapat  memberikan manfaat yang positif bagi Mahasiswa/i untuk meningkatkan semangat dalam menuntut ilmu pengetahuan di lingkungan  UNP ini.

“Kepada segenap pelatih, berikan materi yang mudah difahami oleh peserta sehingga sasaran dapat tercapai sesuai harapan, hindari tindakan yang dapat merugikan peserta maupun pelatih, utamakan faktor keamanan personiil dan materil dalam setiap kegiatan” pungkasnya.

Rektor 1 UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph,D menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 032/Wbr, yang telah mau bekerjasama  (MoU) Wasabang anatara Korem dengan UNP, ia juga mengharapkan kepada Mahasiswa/I baru untuk memanfaatkan kesempatan dari sekian ribu mahasiswa/I yang mendaftar yang diterima hanya   3.203 orang. Untuk itu perlu kiranya memanfaatkan kesempatan ini untuk mencapai sukses.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kasi Teritorial Korem 032/Wbr, Pejabat Rektorat beserta Staf Universitas Negeri Padang dan segenap mahasiswa/I baru.(st)

 
Top