Padang,LM News.

Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sumbar, Gebril Daulay mengatakan. Peran utama yang menciptakan pemilu damai dan berintegritas adalah media.Media dan praktisi pers memegang peran penting dalam mengawal, menjaga serta mengawasi penyelenggaraa Pemilu,agar berjalan  aman, damai, berkualitas dan berintegritas.

Untuk itu,diharapkan media tidak cenderung partisan atau berpihak pada calon tertentu.Ujar Gebril pada Sosialisasi Pilwako Padang 2018 dengan tema Peran Kelompok Literasi dan Pers Kampus dalam Mendorong Peningkatan Partisipasi Pemilih pada Pilwako Padang 2018 di Sikola Cafe, Jl KIS Mangunsarkoro No 11 Padang Jum'at (8/6).

Gebril memaparkan. Hasil riset Dewan Pers pada pemilu 2014 yang lalu mengungkapkan, 75 persen berita dari berbagai media yang diteliti, terjadi pelanggaran kode etik jurnalistik.

"Media massa merupakan salah satu elemen yang bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat secara langsung. Seyogyanya, KPU dan media, bersinergi dalam mewujudkan pemilu yang jujur, bersih dan berintegritas," ungkap Gebril dalam sosialisasi yang digelar Komunitas Jurnalis Muda (KJM) bersama KPU Padang.

Bersama Gebril, juga tampil sebagai pemateri Ketua Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra. Dia berharap, media tak hanya memasifkan tanggal pencoblosan pada 27 Juni 2018, juga mengabarkan bahwa setiap pemilih yang akan gunakan hak pilihnya wajib membawa KTP Elektronik atau dokumen kependudukan lainnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kita sangat berharap, rekan-rekan media menyosialisasikan kewajiban membawa dokumen kependudukan ini saat mencoblos. Tak hanya form C6 (pemberitahuan memilih)," harap Riki.
Bagi warga Padang yang belum punya dokumen kependudukan elektronik, terang Riki, masih akan dilayani Disduk Capil Padang hingga H-1 Pencoblosan atau 26 Juni 2018.

Riki Juga memastikan, telah melakukan berbagai upaya dalam memasifkan pelaksanaan pemilihan Pilwako Padang. Program dan format kegiatannya juga lebih banyak dibanding penyelenggaraan sebelumnya.
"Kita berharap, upaya maksimal yang telah dilakukan ini akan meningkatkan partisipasi pemilih," tukas Riki dalam acara yang dimoderatori Ketua KJM, Firdaus Diezo. (st)



 
Top