50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

Wako Fadly Amran Kukuhkan Forum Data dan Launching Portal Satu Data Indonesia



Pdg. Panjang, Lintas Media News

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, mengukuhkan Forum Satu Data Dan melaunching Portal Satu Data Kota Padang Panjang. Forum Satu Data ini merupakan amanah Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Forum Satu Data dan Launching Portal Sati Data Padang Panjang, berlangsung di lantai 3 Kantor Balaikora Silaing Bawah,  Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang, Kamis,( 11/2) pagi.

Turut dihadiri, Wakil Walikota Asrul, Sekda Sony Budaya Putra, Forkompinda, kepala Bappeda Rusdianto, Kepala BPS, kepala OPD dan undangan lainya.

Walikota Fafly Amran dalam sambutannya mengatakan, di era otonomi daerah yang sekarang ini, pemerintah memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengatur berbagai aspek pembangunan sehingga membutuhkan data dan informasi pembangunan yang komprehensif dan terpadu.

Dengan adanya forum satu data ini diharapkan menjadi salah satu kebutuhan yang urgent untuk dibentuk. Dengan beragamnya data yang masih berada di semua OPD, maka diperlukan forum yang mampu memfasilitasi pembahasan tentang berbagai permasalahan data dan sekaligus mampu memberikan data dan informasi untuk perencanaan pelaksanaan pembangunan.

Artinya, dengan adanya forum satu data ini, kita tidak lagi susah payah mencari data sewaktu waktu bila diperlukan. Karena, data yang ada sudah terletak pada satu kesatuan yang utuh dan dikelola dengan rapi, dan terintegrasi  dan dikomandoi dalam Satu Data Indonesia, ujar Fadly Amran. 

Rusdianto dalam hantaran singkatnya mengatakan, Satu Data Indonesia, merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk memciptakan data berkuaitas, mudah diakses dan dapat dibagikan antar instandi daerahd Kebijakan ini tertuang, dalam perpres 39 tahun 2019,tentang satu data indonesia. Melalui SDI, seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia.

Adapun unsur yang tergabung di dalam Forum Data yakni, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Panjang sebagai pembina, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai Ketua Forum, dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku walidata. Sementara yang menjadi produsen data adalah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Kota Padang Panjang. 

Melalui forum ini diharapkan dapat tersedia data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan. Seperti data kependudukan, perikanan, usaha mikro kecil menengah, pariwisata, dan sebagainya.

“Dengan terbentuknya Forum Satu Data Padang Panjang ini diharapkan ke depan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan bisa berbasis data yang akurat,” ujar Rudianto menjawab LintasMedia disela sela pengukuhan Forum Data Kota Padang Panjang.

Lebih jauh, Rusdianto mengatakan, dalam amanat Perpres 39, dijelaskan data yang dikordinasikan adalah data statistik, dat spesial dan data keuangan. Untuk tingkat daerah, pembina data tingkat daerah mempunyai tugas memberikan rekomendasi dala proses perencanaan pengumpulan data dan pembinaan penyelenggaraan satu data terkait data statistik dan data Geospasial, terang Rusdianto. 

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo mengatakan Kominfo siap mendukung dan mengembangkan portal satu data Batam dengan sistem host to host dan integrasi sistem. Sehingga memudahkan kerja produsen data. Dan mempercepat proses interoperabilitas data bagi pengguna yang akan didukung sepenuhnya oleh tim teknis di Dinas Kominfo,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo, Ampera Salim mengatakan, sebagai Walidata, unit pada Instansi Instansi Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh Produsen Data, serta menyebarluaskan data, membantu Pembina Data tingkat daerah dalam membina Produsen Data tingkat daerah.

Adapun tugas Walidata antara lain menerima dan memastikan data yang disampaikan oleh produsen data memenuhi standard data. Kemudian membantu Pembina Data dalam membina produsen data, serta mengelola dan menyebarluaskan data.

Sesuai, dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) yang berkaitan dengan penyelenggaraan tata kelola data dan informasi statistik sektoral, membawa konsekuensi tuntutan peran yang lebih terhadap Dinas Kominfo Padang Panjang, pungkas Ampera Salim. (maison pisano)

Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.