Padang Lintas Media.
Banyaknya program-program dilingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang kejar tayang di tahun anggaran 2022, ditahun anggaran 2023 harus diperjelas lagi 
apa kendala sehingga OPD tidak optimal dalam melaksanakan realisasi anggaran,sehingga berefek buruk pada program dan imbasnya pada masyarakat baik secara langsung atau tidak.

Hal itu disampaikan Ketua komisi III DPRD Sumbar Ali Tanjung saat memimpin rapat kerja (Raker) dengan mitra kerja untuk mengevaluasi kegiatan tahun 2022, dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2023, Rabu (4/1/2023) di ruangan sidang utama DPRD Sumbar.

Rapat  yang dipimpin Ketua komisi tersebut juga dihadiri beberapa anggota Komisi III diantaranya,  Ismunadi Sofyan, Rahmat Saleh  Jasma Juni dan lainnya mengupas 
secara tuntas kendala- kendala yang terjadi di tahun 2022 agar bisa terdata,dan di tahun 2023 ini tidak ditemukan lagi kendala yang berarti, sehingga serapan anggaran bisa optimal.

Jika serapan anggaran dikejarkan pada akhir tahun, dipastikan program-program yang dilaksanakan tidak efektif dan akan mengakibatkan banyaknya yang terlewati dari progres atau rancangan awal.Tigas Ali Tanjung.

“Kami berharap, anggaran 2023 tidak ada lagi kejar tayang, pastikan semua program memang akurat dan terfocus,” tambahnya.

Senada dengan ketua komisi,anggota DPRD Sumbar, Zafri Derson mengatakan, masyarakat sangat mengharapkan program tepat sasaran, termasuk dalam pengelolaan badan usaha milik daerah, yang dapat menghasilkan keuangan daerah, dengan tujuan pembangunan Sumatera Bara.

“Coba pastikan langkah kedepan, termasuk juga pengelolaan BUMD yang transparansi dan competable sehingga jelas berapa pemasukan PAD terhadap pengelolaan BUMD, tentunya semua untuk pembangunan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Zafri.

Pada kesempatan itu, komisi III DPRD Sumbar meminta pada masing-masing OPD mitra untuk membuat laporan secara rinci dan tertulis, agar pada 2023 tidak ditemukan lagi kendala dalam pelaksanaan program.(st)
 
Top