Pariaman– Lintas Media News.
Setelah sempat tertunda selama 2 (dua) tahun akibat pandemi Covid-19, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 48 Tingkat Nasional di Kabupaten Padang Pariaman akhirnya digelar. Prosesi pembukaan secara Resmi oleh Bupati Padang Paraiaman Suhatribur yang diawali dengan pemukulan gendang tasa bersama.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor 530/KEP/BPP-2019, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang ditunjuk sebagai Tuan Rumah pelaksanaan MTQ. Dimana sistem penyelenggaraan ditetapkan secara bergiliran bagi setiap Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.
Pelaksanaan MTQ yang dipusatkan di Lapangan Utama Embung Sungai Abu Tabek Gadang ini berlangsung selama 4 (empat) hari, yakni 18 s/d 21 November mendatang. Dengan melibatkan sebanyak 754 kontingen kafilah MTQ dari 17 Kecamatan di Padang Pariaman, peserta akan mengikuti 12 cabang perlombaan dengan 56 sub cabang perlombaan.

Demikian disampaikan oleh Camat Toboh Gadang Asyari selaku Ketua Panitia dalam laporannya saat upacara pembukaan di Lapangan Utama Embung Sungai Abu Tabek Gadang Nagari Toboh Gadang, pada Jum’at (18/11) sore.

Pelaksanaan MTQ ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Mulai dari tingkat nagari hingga ke tingkat pusat. Maka ia berharap, MTQ ini dapat berjalan sukses dan berhasil memasyarakatkan Al-Qur’an, memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ungkap Asyari.
Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya berharap, pelaksanaan MTQ ini mampu memberikan energi positif kepada seluruh masyarakat Padang Pariaman dalam meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan kepada Al-Qur’an.

“Sesuai dengan Tema MTQ Nasional ke 48 ini yakni membangun generasi berkarakter Qur’ani menuju masyarakat Padang Pariaman yang agamis, berbudaya, mandiri, dan sejahtera,” ungkap Bupati yang juga merupakan Ketua LPTQ Kabupaten Padang Pariaman ini.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan gandang tasa oleh Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang pada saat itu diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Arry Yuswandy, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, dan Anggota DPR RI John Kenedy Azis.

Setelah acara resmi dibuka, Bupati Suhatri Bur melantik 79 orang dewan hakim dan 24 orang panitera. Ia berpesan untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dan mengesampingkan faktor-faktor yang memengaruhi kemurnian hasil penilaian.

“Saya yakin bahwa saudara-saudara merupakan orang yang terpilih dan dipercaya dalam mengemban tugas yang mulia ini,” ungkapnya.

Pembukaan MTQ yang berlangsung meriah ini sempat diwarnai hujan, namun semangat dan antusiasme seluruh peserta dan tim yang terlibat tidak menyurutkannya untuk memberikan dukungan.

Turut hadir dalam upacara pembukaan ini Kepala Kemenag Provinsi Sumbar, Kepala Kantor Kemenag Padang Pariaman, Kepala OPD se-Kabupaten Padang Pariaman, Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung, Segenap Unsur Forkopimda, Pengurus LPTQ Kabupaten Padang Pariaman, Camat dan KUA se-Kabupaten Padang Pariaman, Wali Nagari, Bamus, KAN se-Padang Pariaman, Pimpinan Khafilah, Official, dan Peserta MTQ tahun 2022. ( ND).
 
Top