Lubuklinggau,Lintas Media News.
Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) menggelar Uji Kompentensi Wartawan (UKW) angkatan ke-39 dan 40, Selasa (11/10/2022). 

Kegiatan UKW yang dipusatkan di ballroom Hotel Cozy Style Kota Lubuklinggau itu, Diskominfotiksan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel).

UKW yang diikuti 48 peserta dengan delapan penguji ini dibuka secara resmi oleh Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.
Dalam sambutannya, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengharapkan insan pers untuk bersama-sama membangun Kota Lubuklinggau. 

"Tidak ada pembangunan berjalan sendiri. Butuh sinergi dari bebagai elemen, salah satunya insan pers," ungkapnya. 

SN Prana Putra Sohe berharap dengan pelaksanaan UKW ini bisa meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan. 

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar dalam sambutannya mengatakan, UKW ini sangat penting digelar karena tujuannya meningkatkan kualitas, profesionalitas, dan kompetensi wartawan itu sendiri.

“Melalui UKW kita berharap wartawan bisa memahami kode etik jurnalistik, UU Pers No 40 tahun 1999, dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) Dewan Pers,” harap Firdaus Komar.

Sementara itu, Kepala Diskominfotiksan Kota Lubuklinggau Drs M Johan Iman Sitepu dalam laporanya menyampaikan, pelaksanaan UKW berlangsung selama dua hari yakni 11-12 Oktober 2022. 

Adapun peserta yang mengikuti UKW ini terdiri dari 48 wartawan dengan rincian peserta UKW Muda 42 orang dan UKW tingkat Madya diikuti sebanyak 6 peserta.

Dikatakan Johan, ada delapan tim penguji dalam UKW angkatan ke-39 dan 40 ini. Mereka itu masing-masing Zacky Antony dari Bengkulu, Oktap Riady dari Palembang, Firdaus Komar dari Palembang, Edwar Heryadi dari Palembang, Romlan dari Bangka Belitung, Theo Yusuf dari Jakarta, Naek Effendi dari Jakarta, dan Kadirah dari Jakarta. (Hari R)
 
Top