Dharmasraya, Lintas Media News

Bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat terus dibuktikan  Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Dharmasraya. Kali ini dinas terkait  melalui Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) melakukan peninjauan ke salah satu keluarga di Nagari Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Senin  (17/10/2022).

Keluarga ibu Wirna menjadi tempat monitoring dinas sosial, perempuan yang sudah berusia 75 tahun itu bertempat tinggal di Nagari Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar. Keluarganya merupakan penyandang disabilitas tuna laras yang perlu uluran tangan pemerintah dan masyarakat. Terutama dinas terkait untuk berkolaborasi dalam penanganan masalah sosial  masalah orang dengan gangguan jiwa atau dikenal dengan ODGJ.

Bertolak dari hati yang paling dalam untuk memanusiakan manusia, dan siapa lagi yang akan membantu orang yang dipandang tidak berguna lagi di mata masyarakat sekitar maupun dalam keluarganya. Sebenarnya siapapun tidak mau terkena gangguan jiwa, namun dengan segala keterbatasan pada dirinya yang menyebabkan gangguan jiwa ringan atau stres, depresi, halusinasi dan akhirnya sizophrenia.

Untuk itulah perlu adanya koordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas SOSP3APPKB, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Puskesmas yang ada di Kecamatan setempat supaya masalah sosial tersebut bisa tertangani dengan baik.

Sebelum acara penyerahan bantuan kepada ibu Wirna, diawali rapat koordinasi yang dihadiri Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Puskesmas Koto Besar, Perangkat Nagari Koto Ranah yang dilakukan di aula Kantor Wali Nagari Koto Ranah untuk membahas solusi pemecahan masalah yang dihadapi keluarga ibu Wirna dan masalah ODGJ yang ada di wilayah Kecamatan Koto Besar.

Berdasarkan data Penyakit ODGJ termasuk tinggi di Kecamatan Koto Besar, menurut data kurang lebih ada 98 warganya mulai gangguan jiwa ringan, sedang sampai berat.

Dwi Andayani yang mewakili Dinas Sosial Kabupaten Dharmasraya mengatakan bahwa adapun solusi yang dapat diberikan terhadap keluarga Ibu Wirna adalah memfasilitasi ke RSJ HB Saanin Padang dan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Kunjungan Dinas Sosial ke keluarga Ibu Wirna merupakan salah satu bentuk pelayanan Si-PULAU PANDHA yakni jemput bola, untuk saat ini solusi yang dapat kami berikan adalah menfasilitasi ke RSJ HB Saanin Padang dan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” ungkap Dwi Andayani. (elda)

 
Top