Jakarta. Lintasmedianews.com. 
 Ny .Emiko Epyardi Asda ,Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok, ikut menghadiri pameran kerajinan tangan “Inacraft On October” Tahun 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Kegiatan itu berlangsung dari tanggal 26 sampai 30 Oktober 2022 dengan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno.


Turut hadir saat pembukaan, Ketua umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Dr. Muchsin Ridjan, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Ketua Dekranasda Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi serta pengurus Dekranasda Kabupaten Solok. Ini merupakan kali kedua Inacraft digelar di tahun ini setelah sebelumnya diadakan pada Maret lalu.

Sandiaga uno mengatakan, di tengah situasi global yang di beberapa negara sedang resesi, Indonesia punya potensi untuk terus bertumbuh. Meski begitu, masyarakat diminta tidak lengah dan harus selalu siap mengatasi resesi ekonomi. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan memerkuat UMKM dari segi pembiayaan dan pemasaran.

“Pasar domestik kita menjadi andalan. Saya yakin dengan kegiatan Incaraft mampu meningkatkan penjualan UMKM sehingga mampu memitigasi meminimalisasi resesi ekonomi global,” ujarnya.

Melalui pameran seperti Inacraft ini, bisa makin memerkenalkan dan mendongkrak bisnis para pengelola UMKM.

Pameran ini didukung secara digital oleh Online Partner Doku, Tokopedia dan Online Support Silversea Media.

” INACRAFT memiliki target untuk mencapai 1000 pelaku kreatif yang akan menciptakan lapangan kerja baru. INACRAFT on October menargetkan 50 ribu pengunjung dengan transaksi sekitar 65 Miliar Rupiah,” sebutnya.

Sejumlah produk kreatif terbagi dalam 11 kategori diantaranya Batik, Traditional Textile Moslem Fashion, Tenun, Songket, Embroidery, Home Decoration, Jewelry, Accessories, Households, Decorative Items, Travel Goods, Gift, dan Miscellaneous Craft dihadirkan dalam Inacraft ini.

Sementara itu, ketua Umum ASEPHI, DR. Muchsin Ridjan mengatakan, millenial yang menyukai dan memiliki bisnis bisa turut bergabung dengan mendukung setiap kegiatan ASEPHI.

” Kepada teman-teman millenial untuk dapat turut membantu kita juga agar kita bisa sama-sama membantu agar nanntinya bisa Go Internasional,” ucapnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny.Emiko Epyardi Asda sangat mendukung dan mengapresiasi digelarnya Inacraft on October ini. Kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan hasil-hasil kerajinan dan produksi dari Dekranasda Kabupaten Solok yang kualitasnya bagus dan bernilai.

” Semoga banyak yang menyukai hasil karya Dekranasda Kabupaten Solok dan untuk kedepannya bisa mencapai pasar Internasional pula nantinya,” Harapan Ny Emiko. ( Karta )
 
Top