Padang, Lintas Media News

Puncak HUT ke-64 Pengambilalihan PT Semen Padang dari tangan Belanda yang diperingati setiap 5 Juli, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, yaitu senam bersama, launching aplikasi "Nabuang Sarok", peresmian PLTA Pico Hydro dan pembukaan Liga basket PT Semen Padang. 

Berbagai kegiatan tersebut diawali dengan senam bersama di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, dengan tema "Senam Sehat 5 Juli". Senam bersama itu diikuti ratusan massa yang terdiri dari karyawan Semen Padang Group beserta masyarakat lingkungan, dan juga dimeriahkan oleh doorprize dengan hadiah utama 2 unit sepeda gunung.

Senam bersama yang dimulai pukul 06.30 WIB hingga berakhir pukul 08.30 WIB itu, juga diikuti sejumlah staf pimpinan perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut. Selama kegiatan berlangsung, panitia juga menggelar pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan Semen Padang Hospital (SPH). 

Setelah kegiatan senam bersama, kegiatan HUT Pengambilalihan PT Semen Padang dilanjutkan dengan launching aplikasi Nabuang Sarok. Aplikasi tersebut dilaunching  Kepala Departemen Perencanaan & Pengendalian Produksi PT Semen Padang, Juke Ismara. 

Juke Ismara mengatakan, aplikasi Nabuang Sarok ini merupakan wadah yang disediakan oleh PT Semen Padang untuk membantu pengelolaan sampah. Untuk lokasi penyetoran sampah, disediakan di pintu timur Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang

Nabuang Sarok ini tidak hanya untuk sampah organik dan anorganik, tapi juga minyak jelantah. "Nabuang Sarok ini juga memberikan berbagai poin yang nantinya juga bisa ditukarkan dnegan reward yang disediakan perusahaan," kata Juke, Selasa (5/7/2022). 


Peresmian PLTA

Usai senam bersama, kegiatan selanjutnya adalah peresmian PLTA Pico Hydro yang berada di dekat lapangan golf PT Semen Padang. PLTA mini dengan kapasitas 5 kW itu, dilakukan oleh Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri. 

Peresmian PLTA Pico Hydro itu turut dihadiri oleh Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, Kepala Unit WHRPG & Utilitas Erick Reza Alandri, dan Ka Sie WHRPG, Harri Kurniawan.

Oktoweri mengatakan, meskipun PLTA ini tergolong kecil,  menggunakan material reuse,  namun manfaat dari PLTA Pico Hydro ini dapat mengurangi beban kebutuhan energi listrik, dan pemanfaatan dari energi listrik yang dihasilkan digunakan untuk internal. 

"PLTA Pico Hydro ini merupakan inovasi karyawan, dan kami apresiasi hasil inovasi ini. Ke depan, kami dari manajemen perusahaan akan terus menantang para karyawan untuk terus berinovasi. Dan PLTA Pico Hydro ini juga bagian dari program kepedulian terhadap lingkungan, menghasilkan sumber energi listrik tidak menggunakan bahan bakar fosil," katanya.

Dalam jangka panjang, katanya,  bisa jadi Semen Padang membuatnya  di tempat yang belum teraliri listrik dan ada potensi air sebagai bagian program CSR PT Semen Padang

Setelah peresmian PLTA Pico Hydro, rangkaian puncak HUT ke-64 Pengambilalihan PT Semen Padang dari tangan Belanda kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Liga Basket Semen Padang yang digelar di lapangan Basket GOR PT Semen Padang.

Pembukaan Liga Basket itu dilakukan oleh Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra, dan Liga Basket tersebut diikuti oleh 6 tim yang terdiri dari Tim Scandal, Tim Bio One, Tim Superman, Tim Sutan, Tim Prokem dan Tim Qantas.

Indrieffouny Indra berpesan agar para tim dapat menjaga sportifitas. Karena, Liga Basket ini digelar selain dalam rangka HUT Pengambilalihan, juga dalam rangka membangun kembali silahturahmi antar karyawan Semen Padang Group.

"Kegitan Liga Basket ini juga penting bagi kita bersama. Untuk itu, jaga sportifitas, supaya melalui Liga Basket Semen Padang ini, para karyawan dapat membangun hubungan yang baik sesama karyawan. Karena dampak pandemi selama 2 tahun lebih ini, membuat aktivitas kita serba terbatas. Terutama dalam hal bertatap muka," katanya. (*/b/hms)

 
Top