Padang Lintas Media News.
Ketua PMI Kota Padang Zulhardi Z Latif, Lepas PAM lebaran operasi ketupat Singgalang tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan balai pemuda Tarandam jalan Sawahan Timur Kecamatan Padang Timur Kota Padang, Jumat (29/4) sore.

Sebelum turun kelapangan, PMI Kota Padang melakukan upacara pelepasan relawan PAM lebaran PMI Kota Padang di lapangan Balai Pemuda Tarandam bersama tim relawan dan pengurus PMI Kota Padang.

Bertindak sebagai pembina upacara pelepasan, Zulhardi selaku Ketua PMI Kota Padang memberikan arahan kepada petugas relawan PAM lebaran PMI yang berjumlah kurang lebih 37 personil yang handal dan terlatih, terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Singgalang 2022.
"37 personil yang handal dan terlatih ini, juga akan didampingi oleh Pengurus PMI Kecamatan yang berada di lokasi posko siaga lebaran," ungkapnya.

Selanjutnya Zulhardi menyampaikan bahwasanya kegiatan ini terbagi dua, yang pertama H - 2 dilaksanakan dari tanggal 30 - 31 April 2022 terdiri dari 3 titik perbatasan.

Yang pertama perbatasan Padang - Padang Pariaman, kedua perbatasan Padang - Solok dan yang ketiga perbatasan Padang - Pesisir Selatan 

Sedangkan untuk H + 3 yang di mulai dari tanggal 3- 5 Mei 2022, PMI Kota Padang membagi menjadi lima 5 pos.

Yang pertama perbatasan Padang - Padang Pariaman, kedua perbatasan Padang - Solok, yang ketiga perbatasan Padang - Pesisir Selatan, keempat di objek Wisata Bukit Air Manis dan terakhir di Pantai Padang beserta mobil keliling.

Zulhardi juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini dilakukan, guna untuk mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat lebaran Idul Fitri menjelang dan sudah lebaran. 

"Dengan telah di bolehkannya mudik lebaran oleh Pemerintah pada tahun ini, tentunya akan banyak sanak-saudara kita di perantauan untuk pulang kampung guna berlebaran bersama sanak famili dikampungnya. Dimana dua tahun sebelumnya tidak ada kegiatan mudik karena masalah pandemi COVID-19"ungkapnya

Ia juga menyampaikan bahwa dari pantauan di lapangan. Kurang lebih sebanyak 1.8 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran di Sumbar pada tahun ini. 

Untuk itu Zulhardi berharap kepada relawan PMI yang bertugas di PAM lebaran, agar selalu menjaga kesehatan dan selalu berhati-hati dalam bekerja  guna  melayani masyarakat agar tetap aman dan nyaman saat berlebaran. Ia juga meminta agar penerapan protokol kesehatan kepada petugas dan masyarakat harus tetap terjaga dengan baik.

"Walaupun kita diberikan kelonggaran mudik tetapi masalah antisipasi penyebaran COVID-19 tetap dilakukan secara ketat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti menjaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan," ungkapnya lagi.

Terakhir, sebelum tim relawan PMI Kota Padang berangkat ke titik yang sudah ditentukan, Zulhardi tidak lupa untuk mengecek peralatan dan obat-obatan yang dibawanya kelapangan.(***)
 
Top