Solok , Lintas Media News 
Kabupaten Solok peringati HUT yang ke 109, Sabtu 09 April Tahun 2022. Hari jadi Kabupaten Solok ini ditandai dengan sidang paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok ke-109, Sabtu (9/4) di ruang sidang DPRD Kabupaten Solok.

Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan, Usia ke 109 adalah usia yang cukup matang dalam perjalanan panjang sebuah daerah karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.


Rasa cinta dan bangga terhadap daerah, Ia salurkan melalui penetapan Visi Daerah yaitu “Mambangkik Batang Tarandam” yang bermakna untuk mengembalikan marwah Kabupaten Solok yang seolah tenggelam selama beberapa tahun terakhir.

“Tema ini hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bersama sama mengukir dan memaknai sejarah kehidupan dan kebangkitan kembali Kabupaten Solok dalam rangka meraih kemajuan, kemandirian dan kemartabatan masyarakatnya,” jelasnya.

Untuk melaksanakan visi tersebut dengan merumuskan Misi Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 sebagai berikut, mengelola anggaran berbasis kebutuhan masyarakat, peningkatan Infrastruktur yang berkeadilan.

Lalu, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian, UMKM, Perdagangan dan Pariwisata, kemudian mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih.

Meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dan meningkatkan tatanan hidup masyarakat berlandaskan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

Adapun, rangkaian kegiatan ulang tahun Kabupaten Solok, bertajuk Festival 5 Danau dimulai 19 Maret lalu, dengan ribuan jamba ikut memeriahkan acara Festival Solok 5 Danau dalam rangka hari jadi Kabupaten Solok ke-109 di Dermaga Singkarak, Kabupaten Solok. sebanyak 74 nagari ikut ambil bagian dengan menampilkan tradisi budayanya.

Kemudian, dilanjutkan dengan berbagai iven yang melibatkan dan mengoptimalkan potensi unggulan daerah kabupaten solok, seperti di bidang pariwisata dan UMKM, dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisata ke kabupaten Solok yang akan berdampak meningkatkan perekonimian masyarakat kedepannya.

Seluruh rangkaian acara ditutup pada tanggal 31 Maret 2022, di Taman Hutan Kota Arosuka. Disampaikan Epyardi, kegiatan festival 5 Danau itu merupakan simbol pesona dan keunikan wisata di kabupaten Solok.

Lebih lanjut, banyak kerja-kerja pembangunan yang mesti dilakukan ke depan untuk mewujudkan visi misi daerah. Sejumlah sektor akan menjadi perhatian dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Setidaknya, ada tiga sektor menjadi unggulan dalam pengembangan daerah dalam masa kepemimpinan Epyardi Asda, mulai dari pariwisata, UMKM dan sektor pertanian.

“Hari jadi Kabupaten Solok ke 109 ini harus menjadi sebuah momentum awal dari kebangkitan Solok. Mambangkik batang tarandam, menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat,” tutupnya. (Karta)
 
Top