Dharmasraya, Lintas Media News

Sekian lama tertunda oleh Pandemi COVID-19, kampung kuliner gunung Medan, jorong Sungai mimpi, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya akhirnya resmi dibuka oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, 29 Januari 2022 mingu malam .

Dihadiri oleh para petinggi petinggi Dharmasraya,Wakil Ketua DPRD Dharmasraya Adi Gunawan, Asisten III Ekonomi Pembangunan Khairudin, Kapolres Dharmasraya  AKBP Nurhadiansyah, dan kadis pangan dan ikan Purwanto, M.Pd bersama Sekretaris Sarbaini,S.AP Camat Sitiung Novandri Rismi, Bamus Nagari Gunung Medan dan Niniak Mamak Nagari Gunung Medan.

Kampung kuliner ini dimanfaatkan untuk menjajakan kuliner khas Dharmasraya kepada masyarakat agar warisan kuliner Dharmasraya terlestarikan dan membantu perekonomian masyarakat.terutama pelaku UMKM dibidang kuliner.

Tak luput dari pentingnya peran generasi muda dalam mengembangkan warisan , warga  tidak melupakan fasilitas untuk muda mudi berupa tenda dan saung-saung agar tidak bosan mengunjungi kampung ini.dan untuk anak-anak, masyarakat juga mendirikan taman bermain anak .

Dalam hal ini bapak bupati menyampaikan kegiatan ini sangat positif "dengan adanya kampung kuliner ini,para pedagang dapat meningkatkan ekonomi kreatif Dharmasraya. Industri kreatif bidang kuliner ini dapat mengembangkan kreasi,inovasi,dan ide-ide brilian para generasi muda.melahirkan generasi yang kreatif dan berkualitas dan berdaya saing yang tinggi".tutur Sutan Riska.

"Kampung kuliner ini menyediakan menu-menu berupa  makanan khas Dharmasraya nantinya. Rencananya aktivitas ini akan dibuka setiap hari selama tidak ada peningkatan jumlah pasien covid 19 dan kendala yang cukup darurat "ucap Wali Nagari Gunung Medan, Khairul Rasyid Dt. Sinaro, SH

Kegiatan ini tak lepas dari perhatian sekretaris pangan dan ikan Sarbaini,S.AP "kegiatan ini akan cukup memberikan dampak terhadap perekonomian pelaku UMKM. setidaknya akan memberikan segaris peningkatan untuk ekonomi rakyat,tak hanya itu kegiatan ini dapat mengurangi jumlah persentase pengangguran di Dharmasraya"pungkas nya.

Berdasarkan peninjauan secara langsung tim Lintasmedia malam itu, kegiatan ini cukup menyita perhatian publik.antusias masyarakat yang tinggi, dapat meramaikan pengunjung kampung kuliner malam itu.salah satunya Gurmaini, pengunjung kampung kuliner.beliau berharap besar dengan respons masyarakat " semoga dengan adanya aktivitas ini, warisan negri kita tetap lestari dan berkembang. Melihat reaksi warga saat ini, memberikan harapan yang besar untuk kedepannya."harap Gurmaini (elda)
 
Top