Padang.Lintas Media News.
Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar bersama Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sepakat merintis pemberian Anugerah ‘Roehana Koeddoes’dijadikan kegiatan tahunan berskala nasional yang dilaksanakan di tempat kelahiran Roehana Koeddoes Koto Gadang Kabupaten Agam,tepat pada hari kelahiran Roehana Koeddoes pada 20 Desember.

Kesepakatan itu dibuat dalam pertemuan pengurus FJPI Sumbar dengan Kepala Dinas Kominfotik Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang didampingi Kabidnya Indra Sukma dan Devi Agustina di ruang kerjanya kantor Kominfotik Sumbar,Senin (24/1/2022).

Menurut Jasman.Untuk mengenang dan menjaga semangat jurnalistik perempuan Minangkabau,perlu dirintis adanya penghargaan jurnalistik dengan label Roehana Koeddoes,mulai tahun ini diberikan kepada wartawati se-Indonesia yang karya tulisnya layak untuk diberi penghargaan.

Jasman mengatakan.Pemberian Anugerah ‘Roehana Koeddoes’ini merupakan tugas berat dan tantangan bagi FJPI Sumbar, namun demikian,untuk merintis terlaksananya kegiatan ini, pemerintah Provinsi memberi dukungan pada FJPI karena, Gubernur Mahyeldi juga punya  perhatian yang tak kalah besar terhadap perkembangan jurnalistik di bumi Minangkabau dan penghargaan jurnalistik akan di berikan kepada karya jurnalis terbaik yang berada di seluruh indonesia sehingga acara ini  akan berskala Nasional dan menjadi pionir penghargaan terbesar jurnalis perempuan Indonesia.
"Saya berharap,Sumbar jadi pusat jurnalistik Indonesia karena,Sumbar banyak melahirkan tokoh-tokoh jurnalis,seperti Roehana Koeddoes dan Adinegoro yang sudah menjadi pahlawan nasional,jika Anugerah  Roehana Koeddus dan Adinegoro
ini bisa menasional, maka sumbar pantas di sebut sentra nya jurnalis",ujar Jasman.

Disamping sebagai pusat jurnalistik Indonesi,diharapkan juga acara ini menjadi agenda rutin tahunan  Sumbar berskala nasional yang diadakan ditempat kelahiran Roehana Koeddus Koto Gadang Kabupaten Agam di ulang tahunnya 20 Desember dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan penghargaan Adinegoro.Imbuh Jasman.

Agar terlaksananya kegiatan ini,Jasman minta FJPI Sumbar untuk segera mengirimkan proposalnya ke Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Dinas Kominfotik supaya anggarannya bisa dinaikan pada APBD Perubahan 2022.

Pada kesempatan itu, Ketua FJPI Sumbar Nita Indrawati Arifin mengatakan.Sebelumnya,FJPI Sumbar telah pernah menggelar agenda serupa namun masih tingkat regional dengan peserta berasal dari Sumbar. Selain itu, FJPI Sumbar juga telah melakukan program napak tilas Roehana Koeddoes untuk mengenal lebih dekat sosok tokok jurnalis perempuan urang Minangkabau itu. 

Jika penghargaan Roehana Koeddoes terwujud, pesertanya bukan hanya berasal dari Sumbar, melainkan juga dari berbagai wilayah di Indonesia.Dengan demikian, juga bertambah orang yang berkunjung ke Sumbar, dan ekonomi masyarakat juga akan bertambah.Tutup Nita.(St)

 

 
Top