Padang, Lintas Media News

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti simulasi evaluasi dari Tim Penilai Nasional (TPN) bersama Tim Monitoring dan Penguatan WBK/WBBM Inspektorat Jenderal (Itjen) Wilayah Sumatera Barat di Ruang Tuanku Imam Bonjol pada Rabu (1/9/2021) siang. Kegiatan simulasi ini juga diikuti oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat dan sembilan satker lainnya yang juga diusulkan untuk maju ketahap evaluasi akhir oleh TPN yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021.

Secara teknis, kegiatan ini sama seperti saat evaluasi TPI yang mana kegiatan dimulai dengan penampilan yel-yel dan jingle oleh seluruh jajaran dan pemaparan oleh Kalapas. Namun, terdapat beberapa perbedaan dimana dalam simulasi TPN ini, pemaparan Kalapas Kelas IIA Padang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Novri Abbas yang merupakan Ketua Tim Zi Lapas Kelas IIA Padang dan  sekaligus diamanatkan sebagai Plh. Kalapas. Hal ini dikarenakan Kalapas Kelas IIA Padang tengah menjalani masa pemulihan Covid-19. 

“Dikarenakan tengah menjalani masa pemulihan, mewakili pimpinan kami menyampaikan permintaan maaf karena belum bisa hadir bersama kita pada kesempatan kali ini. Mohon do’a agar beliau bisa segera kembali beraktifitas seperti biasa lagi,” ungkap Novri Abbas. 

Selain itu, perbedaan lainnya terlihat dari interaksi timbal balik antara tim monitoring dengan satker dimana pada simulasi ini tim monitoring dan penguatan Itjen lebih banyak memberikan saran dan masukan membangun bagi Lapas Kelas IIA Padang dan satker lainnya agar lebih siap nantinya menghadapi evaluasi TPN. 

Dalam kegiatan simulasi ini, Lapas Kelas IIA Padang juga mendapat apresiasi dari Tim Itjen terkait kesiapan dalam menghadapi evaluasi TPN. Pasalnya, berdasarkan laporan hasil evaluasi TPI, Lapas Kelas II telah menyelesaikan seluruh perbaikan yang disarankan seperti menambahkan testimoni dari para penerima layanan dan menambahkan video sarana prasarana (sarpras) ke dalam pemaparan Kalapas Kelas IIA Padang. Tidak hanya itu, semangat membara seluruh jajaran juga dirasakan oleh Tim Itjen saat menampilkan jingle Lapas Kelas IIA Padang. 

"Bagus dan luar biasa! Kami sangat mengapresiasi Lapas Kelas IIA Padang yang telah melengkapi seluruh poin-poin perbaikan berdasarkan hasil evaluasi TPI. Selain itu, semangat seluruh jajaran juga luar biasa," ungkap Kris dari Tim Itjen. Disamping itu, Tim Monitoring juga membekali Lapas Kelas IIA Padang dengan beberapa masukan membangun guna performa yang lebih sempurna saat menghadapi evaluasi TPN nanti.

Dijelaskan juga oleh Kalapas Kelas IIA Padang Era Wiharto dalam video paparan bahwa dirinya beserta seluruh jajaran siap berkomitmen wujudkan Zona Integritas di Lapas Kelas IIA Padang dan raih predikat WBK/WBBM. “Saya beserta segenap jajaran Lapas Kelas IIA Padang berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Lapas Kelas IIA Padang. Lapas Padang Pasti Melayani!,” pungkas Kalapas. (Rel/Ag)
 
Top