Padang, Lintas Media News

PT Semen Padang kembali melaksanakan vaksinasi gelombang ketiga untuk dosis pertama di lantai I GSG, PT Semen Padang, Senin, 12 Juli 2021. Vaksinasi ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang, yang dikhususkan untuk karyawan dan keluarga Semen Padang Grup. Pelaksanaan vaksinasi akan dilangsungkan dari hari ini, Senin (12/7) hingga Jumat (17/7).

"Hari ini vaksinasi untuk keluarga Semen Padang Grup dan untuk usia 12 tahun keatas. Target vaksinasi ini keluarga karyawan Semen Padang Grup. Kegiatan akan dilaksanakan selama lima hari hingga Jumat 17 Juli 2021. Dalam pelaksanaan vaksin kali ini, kita membaginya atas beberapa, yakni Senin dan Selasa untuk keluarga karyawan PT Semen Padang , Rabu, Kamis dan Jumat untuk keluarga karyawan APLP outsourcing dan umum," kata Kepala Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati di Padang, Senin (12/7/2021) 

Anita menuturkan pembagian ini juga untuk menghindari kerumunan yang juga dilarang pemerintah agar tak menimbulkan klaster baru. "Sehingga kita buat jadwal kedatangannya agar aman dan tidak menimbulkan kerumunan sehingga dibagi lima hari dan per unit untuk menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Ia menuturkan, target vaksinasi ini sebanyak-banyaknya dan untuk semua keluarga Semen Padang Grup yang berusia 12 tahun ke atas. "Kita  mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut melaksanakan vaksin karena vaksin aman dan halal. Banyak hoax yang beredar, kita minta yang sudah vaksin menyampaikan kepada keluarganya bahwa itu tidak benar," jelasnya.

Anita juga menyampaikan sebelu divaksin calon penerima vaksin  diskrining  terlebih dahulu. Jika aman maka vaksin, jika tidak  ditunda. "Sehingga tak serta merta di vaksin," paparnya.

PT Semen Padang, kata Anita,  juga akan melaksanakan vaksin sesuai peruntukan. "Kita akan melaksanakan vaksin sesuai peruntukan yang dilakukan oleh pemerintah. Misalnya, awal vaksin buka untuk lansia, kemudian buka untuk layanan publik maka kita lakukan kepada karyawan dan saat ini juga untuk 12 tahun ke atas, maka kita laksanakan untuk keluarga karyawan," jelasnya.

"Ini tugas kita bersama membebaskan diri dari pandemi dan membutuhkan ikhtiar bersama, pertama ikhtiar 6 M, kemudin vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok. Semakin cepat kita melaksanakannya maka semakin cepat kta melepas masker dan kembali ke kehidupan normal," harapnya.

Kepala Unit Operasional SDM, PT Semen Padang, M Irwan Prasetyo mengatakan, kegiatan ini menyasar semua karyawan di lingkungan perusahaan. "Kita sudah melaksanakan vaksinasi karyawan di Semen Padang Grup kurang lebih 70 persen. Ini angka yang bagus. Dan untuk meningkatkan kekebalan kelompok maka hari ini kita juga melaksanakan vaksinasi untuk keluarga karyawan," katanya . 

Salah seorang peserta vaksinasi, Dina Rozeline mengatakan, vaksinasi yang diikutinya merupakan salah satu bentuk ikhtiar  melawan virus Covid-19.

"Ini bentuk ikhtiar kita dal am menghadapi Covid-19 ini. Semoga dengan ikhtiar ini kita bisa sama-sama terbebas dari virus ini," katanya.

Diakui Dina, ini adalah vaksin dosis pertama yang didapatkannya bersama keluarga. "Vaksin hari ini saya mengajak anak yang paling besar dan ponakan di rumah untuk vaksin. Totalnya ada empat orang di rumah kami yang vaksin hari ini. Sementara suami sudah vaksin terlebih dahulu bersama dengan karyawan," jelas Sekretaris FKIK SP ini.

Efek samping yang dirasakan Dina setelah vaksin yakni tangan sebelah kiri agak keram. "Tapi kata dokternya tadi tidak apa-apa. Bisa dikompres untuk menghilangkan hal itu," jelasnya.

Peserta vaksinasi lainnya, Nisrina Andinary Sarvino (13), menuturkan tidak merasakan efek apa-apa setelah divaksin, kecuali keram di tangan yang divaksin. "Sejauh ini baik-baik saja. Tidak juga mengantuk," kata siswa kelas VIII ini.  

Vaksinasi akan dilaksanakan selama lima hari hingga Jumat. Senin dan Selasa untuk keluarga karyawan organik, Rabu Pasoka, Kamis dan Jumat APLP lainnya berserta outsourcing dan umum. Vaksinasi dimulai dari pukul 08.00 s/d 15.00 Wib dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*/b/hms)

 
Top