Payakumbuh, Lintas Media News

Mega Gebyar Vaksinasi yang digelar oleh pemerintah kota Payakumbuh berjalan lancar dan sukses. Bahkan dalam 3 hari pelaksanaannya total Vaksin tersalurkan mencapai lebih dari 3500 dosis.

Lebih dari 900 dosis Vaksin tersalurkan dalam Mega Gebyar Vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh di hari Senin (19/7) lalu yang dipusatkan di satu titik Halaman Balai Kota. Setelah itu, pada pelaksanaan di tiga titik di Halaman Balai Kota, Kantor Camat Payakumbuh Utara dan Payakumbuh Barat pada hari Jumat (23/7) lalu ada sebanyak 1447 dosis tersalurkan dan pada Sabtu (24/7) ini ada sebanyak 1152 dosis.

Direncanakan digelar selama 5 hari, namun Wali Kota Riza Falepi terpaksa mengubah kebijakan terkait pelaksanaan Mega Gebyar Vaksinasi itu, dengan diliburkan 2 hari pasca Idul Adha. Wali Kota dua periode itu meniadakan pelaksanaannya pada Rabu dan Kamis, 21 dan 22 Juli 2021. 

"Setelah dilakukan evaluasi, mengingat Pemko Payakumbuh ingin memberi kesempatan masyarakat untuk fokus pada kegiatan berQurban pada hari pasca lebaran Idul Adha," kata Riza kepada Media, Senin (19/7) lalu.

Melihat angka capaian yang cukup tinggi dalam Pelaksanaan Mega Gebyar Vaksinasi ini, Wali Zkota sarat prestasi itu menyampaikan apresiasi kepada semangat tenaga kesehatan dan masyarakat dalam menyukseskan Mega Gebyar vaksinasi ini.

"Kita berterima kasih kepada perangkat RT, Lurah, Camat, TNI, Polri, dan Stakeholder lainnya yang turut menyukseskan Mega Gebyar Vaksinasi ini. Vaksin adalah hak masyarakat, vaksin tak menjamin tidak bisa positif Covid-19, tetapi fungsi Vaksin agar mereka bisa imun terhadap dampak Covid-19 bila suatu saat terpapar," kata Riza kepada Media, Sabtu (24/7).

Wali Kota Riza Falepi mengatakan selepas ini Satgas Covid-19 di Kota Payakumbuh melakukan evaluasi dahulu pasca pelaksanaan Mega Gebyar Vaksinasi ini. Pihaknya akan terus mengusahakan agar warganya bisa terVaksin di angka lebih dari 75 persen.

"Untuk sementara kita evaluasi dulu, kemungkinan pelaksanaan Vaksinasi kedepan dilaksanakan di Puskesmas saja atau kantor camat, masyarakat tetap terus kita fasilitasi untuk di Vaksin gratis dan kita akan mengusahakan stok vaksin cukup bagi warga kita," pungkasnya. (H/Mukhlis)

 
Top