Padang, Lintas Media News

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi mengecam keras pelanggaran- pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Sebagai wujud kepedulian pada rakyat Palestina, Pemerintah Provinsi Sumbar meminta pada Pemerintah Republik Indonesia untuk ikut memberikan tindakan tegas pada israel karena dinilai telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran kemerdekaan suatu bangsa. 

"Saya sebagai Gubernur Sumatera Barat meminta kepada pemerintah pusat memberikan tekanan pada israel karena saat ini israel sudah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan juga pelanggaran kemerdekaan suatu bangsa. Apalagi kita bangsa Indonesia adalah bangsa yang mendukung kemerdekaan terbukti Presiden RI juga ikut mendukung kemerdekaan Palestina," kata Buya Mahyeldi, di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/5/2021).

Tidak itu saja, Buya Mahyeldi juga meminta Pemerintah RI melakukan langkah kongkrit dengan mengirimkan bantuan kepada Palestina atas dasar HAM dan menghargai kemerdekaan suatu bangsa. 

Ditambahkan Buya, Indonesia sudah seharusnya memberikan dukungan atas Palestina. Kedua negara ini memiliki hubungan yang sangat erat sejak dahulu, dimana Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. 

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang menyandang Provinsi Dermawan, ini juga akan menyalurkan bantuan untuk Palestina melalui pengumpulan donasi dan dana zakat.

"Insyaallaah nanti kita akan bantu saudara- saudara kita yang ada disana. Ada dana zakat yang bisa kita kirim, seperti dulu pada Maret 2020 kita juga mengirimkan bantuan mobil ambulan. Mungkin juga kita akan kirim rendang seperti di NTT yang lalu. Mudah-mudahan juga akan banyak daerah-daerah lain yang peduli," tutur Mahyeldi. (b/hms)



 
Top