Padang.Lintas Media.
Sukseskan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) dan Pembangunan Pusat Olahraga Maritim, jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, audiensi dengan DPRD Sumbar, baru- baru ini ruang sidang utama.

Komandan Lantamal (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto yang memimpin kedatangan rombongan, disambut langsung ketua Komisi V DPRD Sumbar Yusuf Abid. Pada kesempatan itu Danlantamal menjabarkan program KBN yang akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan serta pariwisata.“ Sasaranya adalah masyarakat pesisir, dengan memanfaatkan kekayaan bahari kehidupan mereka akan lebih sejahtera,” katanya.

Dia mengatakan program KBN akan dipusatkan pada Daerah Sungai Pisang, Kelurahan Teluk Kabung Selatan< kecamatan Bungus Teluk Kabung. Nanatinya akan di bangun rumah pintar, untuk pusat edukasi masyarakat serta pelatihan tenaga pendidikan, dan akan diadakan pengembangan keterampilan sesuai dengan kearifan lokal.

Dia menjabarkan adapun tujuan yang hendak dicapai, diantaranya meningkatkan pola pikir Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di pesisir pantai Sumbar, menjaga ekosistem laut membangun perekonomian masyarakat pesisir pantai.

Sementara itu untuk pembangunan, pusat olahraga maritim yang juga dilaksanakan pada daerah Sungai Pisang bertujuan untuk menekan angka kriminalitas serta serta persoalan masyarakat lainya. Dengan adanya fasilitas olahraga ini akan memberikan wadah untuk pemuda agar bisa hidup lebih sehat, tidak hanya itu, akan membentuk karakter untuk menjaga potensi yang ada. Dari rencana pembangunan akan ada lapangan futsal, pusat olahraga air, GYM dan fasilitas lainya.

“ Persoalan saat di tengah masyarakat semakin mengkhawatirkan, kriminalitas semakin meningkat, angka HIV serta banyak lagi, untuk merealisasikan rencana butuh dukungan anggaran DPRD Sumbar,” katanya

Dari estimasi yang dibutuhkan untuk merealisasikan program ini sebesar Rp 442 miliar untuk pembangunan fasilitas publik ini. Jika terealisasi akan memberikan manfaat besar bagi daerah.

Sementara itu Ketua Komisi V DPRD sumbar Yusuf Abit mengatakan, pemanfaatan potensi bahari harus optimal mengingat Sumbar terletak pada garis pantai barat Sumatera. Program yang dijabarkan akan menjadi rujukan DPRD dalam rapat-rapat resmi bersama pemerintah provinsi, perihal penganggaran maupun kebijakan.

“ Secara keseluruhan DPRD Sumbar mendukung program ini, dimana pembangunan sektor bahari masuk dalam RPJMD Provinsi, tidak hanya itu, peningkatan SDM pada daerah pesisir harus dilaksanakan, dimana satu tahun terakhir IPM Sumbar menurun serta pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Persoalan juga semakin kompleks, dimana tingkat pengangguran dan kemiskinan meningkat. Untuk itu perlu perlu sinergitas seluruh unsur termasuk TNI. Jika memiliki program strategis untuk daerah realisasikan sesuai dengan kebutuhan daerah.(Sri)

 
Top