Penambahan & modifikasi Jet Pulse Filter (JPF)  pada jalur Belt Transport  pada fasilitas Cement Mill Semen Padang Dumai, sebagai salah satu proyek optimalisasi  pengendalian debu.

PADANG,Lintas Media News.
Guna mewujudkan operasional yang ramah lingkungan, PT Semen Padang  melakukan optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik di  Cement Mill Dumai, di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sei. Sembilan Kota Dumai.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan  dalam operasionalnya berwawasan lingkungan dan patuh (comply) terhadap peraturan perundang-undangan,” kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, di Padang, Selasa (23/2/2021).

 Ia menjelaskan, proyek optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik  itu telah dimulai sejak Juni 2020. Pada saat ini, sudah pada tahap comissioning dan ditargetkan running pada Juni 2021.

Di tempat terpisah,  Kepala Unit of Dumai Plant PT Semen Padang Palman mengatakan,  proyek optimalisasi fasilitas pengendalian debu dan limbah domestik   ini terdiri dari  modifikasi hopper dermaga & penambahan dust suspression system (DSS),  penambahan & modifikasi Jet Pulse Filter (JPF) pada jalur belt transport, pemasangan expanded foam dan perkuatan struktur closed storage, pemasangan barikade angin di area open storage,  dan pembangunan IPAL.

Melalui proyek tersebut, kata Palman, diharapkan emisi debu dan limbah domestik yang timbul karena operasional bisa dikelola dan tidak melewati standar nilai ambang batas yang berlaku.
"Saat ini alat pengendalian debu dan limbah domestik  itu masih tahap comissioning dan evaluasi hasil," ujarnya.  
"Intinya, kami di Unit of Dumai Plant PT Semen Padang, akan terus berkomitmen untuk mewujudkan perusahaan ramah lingkungan, sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan persemenan yang handal, unggul dan berwawasan lingkungan di Indonesia bagian barat dan Asia Tenggara," tegasnya. 

Cement Mill Semen Padang di Dumai  memiliki kapasitas 900.000 ton per tahun. Melayani wilayah pemasaran PT Semen Padang di kawasan Riau Daratan, Riau Kepulauan dan Sumatera Utara yang berbatasan dengan Provinsi Riau . 
Cement Mill Dumai  mulai dibangun pada 21 Juni 2013 dan peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Walikota Dumai, Khairul Anwar. Cement Mill Dumai ini merupakan  pengembangan fasilitas Packing Plant yang telah ada di Dumai sejak Desember 2010. 

“Pembangunan Packing Plant Cement Mill Dumai ini juga bertujuan untuk memenuhi tingginya permintaan semen di Pantai Timur Sumatra (Riau Daratan, Riau Kepulauan dan Sumatra Utara yang berbatasan dengan provinsi Riau," kata Palman. (rel/b)

 
Top