Pd,Panjang.Lintas Media News.
Pelaksanaan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Kota Padang Panjang yang berlangsung sejak Selasa  (14/12), dilakukan dengan inovasi sistem penilaian oleh panitia.

 Hanya hitungan menit setelah tampil, nilai peserta langsung ditayangkan juri melalui monitor yang tersedia di lokasi.

I00novasi dalam MTQ Padang Panjang, Usai Tampil Nilai Peserta Langsung Ditayangkan Juri
"Peserta dapat langsung mengetahui nilai yang diberikan juri, beberapa menit seusai dia tampil. Ini inovasi yang pertama kalinya diterapkan di MTQ Padang Panjang," sebut Ade Afdil, S.Pd.I Datuak Bindurun, menjawab LintasMediaNews,Rabu(16/122020)

Dikatakan Ade, dengan menerapkan nilai tayang langsung, memberikan motivasi dan rasa percaya diri bagi peserta. Ini juga bisa untuk evaluasi diri bagi para para peserta.

"Semoga ke depan generasi Al-Qur'an akan semakin meningkatkan semangatnya dalam mempelajari dan mendalami Al-Qur'an," harapnya.

Pelaksanaan lomba kemarin, papar Ade, masih babak penyisihan. Untuk hari Selasa (15/12), dilaksanakan semi final dan final. 

Pada babak penyisihan, cabang tilawah kanak-kanak dan anak-anak diselenggarakan di Masjid Islamic Center. Cabang tafsir bahasa Arab, bahasa Indonesia, bahasa Inggris di Masjid Nurul Furqan Tanah Pak Lambik.

"Sedangkan cabang Hifzil Qur'an 1 juz non tilawah dan 5 juz non tilawah, diadakan di Masjid Ashliyah Pasar Usang. Cabang Khattil Qur'an dengan empat bagian khat naskah, khat hiasan mushaf , khat dekorasi, dan khat kontemporer dilaksanakan di Kauman Muhammadiyah. Lalu cabang Fahmil Qur'an di Hall Kantor Camat Padang Panjang Timur," terang Ade.

Untuk perlombaan hari Rabu, dilaksanakan tilawatil remaja dan tilawah dewasa bertempat di Islamic Center. Tartil dasar, Tartil menenggah, Tartil umum di Masjid Nurul Furqan. Cabang kitab standar bertempat di Masjid Nurul Amri. MSQ di Masjid Taqwa Ngalau. Tahfiz 1 Juz dan 5 juz tilawah di Masjid Ashliyah. Babak semi dan final Fahmil Qur'an bertempat di Kantor Camat Padang Panjang Timur.

Dalam kegiatan hari pertama, Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyempatkan diri bertukar pikiran dengan Damri Tanjung, pengurus LPTQ Provinsi Sumatera Barat yang diamanahkan sebagai dewan hakim dalam MTQ ini.

Bila tidak ada aral melintang, Rabu ditutup oleh Walikota Padang Panjang, Fafly Amran. Secara pelaksaanaan  MTQ Padang.Panjang terselenggara dengan sukses, meski dalam.kondisi pandemi,.pungkasnya.(maisonpisano
 
Top