Pdg. Panjang, Lintas Media News

Anak merupakan tunas, potensi dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa yang perlu dipersiapkan demi kelangsungan eksistensi bangsa dan negara di masa mendatang. Sebagai salah satu upaya dalam Pemenuhan hak anak, Pemerintah Kota Padang Panjang,  dalam hal ini Dinas PPKBP3A, melaksanakan kegiatan “Penguatan Kelembagaan Forum Anak Tahun 2020 yang dilaksanakan kantor DPPKBP3A.  

Kegiatan yang digelontorkan Forum Anak Kota Padang Panjang. Kegiatan ini bertujuan untuk, meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak di Kota Padang Panjang, sekaligus menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan anak dan sesama anak, menjamin keberlanjutan dan dinamika forum anak sebagai wadah partisipasi anak. Hal tersebut, dikatakan Kasi Perlindungan Anak DPPKBP3A, Euis Hartati, menjawab Lintas Media News, diruang kerjanya,  Senin, 14/12/2020.

Kegiatan Penguatan Forum Anak Kota Padang Panjang,  merupakan wujud kepedulian dan peranan Pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, sekolah dan seluruh elemen masyarakat untuk menanamkan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme pada anak-anak

Menurunya, nilai-nilai luhur budaya bangsa serta pola hidup gotong royong, toleransi, kebersamaan, bangga pada kebhinekaan dan keragaman suku dan budaya berubah menjadi pola hidup individual, konsumtif.

Intinya, kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan amanah dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, khususnya pasal 4 yang berbunyi : “setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.” 

Dan Pasal 10 “Setiap anak berhak untuk menyatakan dan di dengar pendapatnya, menerima, mencaridan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.”

Lebih jauh, Eus Hartati mengatakan, Meskipun, ditengah pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini, dimana banyak hal kegiatan yang dibatasi untuk dilakukan, akan tetapi tidak menutup celah anak-anak Padang Panjang,  untuk tetap berkreasi dan berinovasi.

“Ini menandakan anak-anak Padang Panjang sudah mendapatkan hak-hak mereka sebagai generasi bangsa,” Meski, wabah pandemi belum sepenuhnya hilang dari bumi Serambi Mekah. Namun, dalam menggelar acara anak anak tetap dalam tatanan protokol kesehatan, memakai masker, tidak berkerumun, jaga jarak walaupun acara digelar dalam ruangan, ujar Euis Hartati. 

Menurutnya, salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana anak-anak bebas dalam menyampaikan aspirasinya. Mengingat anak yang dapat berkembang dengan baik adalah anak yang secara bebas dapat menuangkan segala imajinasinya.

Pemerintah daerah Kota Padang Panjang, selaku pembina forum Anak. Berbagai  prestasi telah firaih dalam mengharumkan nama kota Padang Panjang,baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Pada tahun 2019 lalu, forum anak Kota Padang Panjang masuk 10 terbaik Kabupaten kota se indonesia, menjadi Pembina forum anak terbaik dan forum anak terbaik tingkat Nasional. 

Sementara,  Ketua forum anak kota Padang Panjang Sony Muhammad Rafi, dihubungi secara terpisah mengatakan,  selaku, Ketua Forum Anak Kota Padang Panjang, kami sangat berterima kasih sekali pada Dinas PPKBP3A, yang sudah memfasilitasi berbagai acara selama ini. Artinya, pandemi dan libur sekolah kita tidak bisa berbuat apa apa. 

Kegiatan, forum anak dalam satu tahun ini, nyaris fakum dari berbagai aktifitas. Dengan, diadakanya kegiatan pengutan gorum anak ini, sedikit banyaknya dapat mengobati kerinduan akan teman teman yang tergabung dalam forum anak kota Padang Panjang, terang Rafi Muhammad.

Kalau tidak ada aral melintantang,  pada peringatan Hari Ibu pada bulan ini,  forum anak kota Padang Panjang,  ikut menyemarakan peringatan hari ibu mengisi kegiatan tersebut, dengan berbagai penampilan, pungkas Raffy. (maison pisano)

 
Top