Pdg, Panjang.Lintas Media News.
Sebanyak, 156 pedagang ikan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pedagang Ikan (IKPI) Kota Padang Panjang, dan 8 kelompok tani (Keltan) mendapat bantuan dari Pemprov Sumbar dan bantuan Dana Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Untuk pedagang ikan, mendapat 156 fish box dengan kapasitas 100 liter dan 50 liter dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar. Sedangkan delapan Keltan mendapat bantuan alat pertanian dari pokir Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Ir Arkadius Datuak Intan Bano, MM, MBA.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Ir. Yosmeri dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius, Sabtu (28/11) di Gedung M. Syafei. Turut hadir dalam acara ini, anggota DPRD Kota Padang Panjang Nasrul Efendi dan Puji Astuti, AM.d, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Ade Nefrita Anas, SP, serta Camat Padang Panjang Barat, Fhandy Rahmadona.

Fadly Amran, dalam hantaran singkatnya,  mengucapkan terimakasih atas  kepedulian Pemprov dan DPRD Sumbar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Padang Panjang, khususnya para pedagang ikan dan kelompok tani. 

“Dengan adanya bantuan fish box ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kebersihan dan mutu parq pedagang ikan. Sebelumnya, para pedagang  menyimpan ikan di ember atau baskom, sehingga kesegaran ikan menurun dan berdampak langsung penurunan nilai jual ikan. Dengan fish box ini,  kesegaran ikan yang dijual lebih lama dan harga ikan tetap stabil,” tuturnya.

Dengan,  adanya bantuan dari Dinas Pertanian tingkat Provinsi ini, para pedagang ikan dan kelompok tani, merasa sangat terbantu sekali. Kepedulian ini,  menjadi cambuk bagi para pedagang ikan dan kelompik tani dalam memajukan usahanya masing masing. Untuk itu, pergunakan bantuan ini sebaik baik mungkin, pungkas, Fadly Amran.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Fraksi Demokrat,  Arkadius. Dt. intan Bano, usai menyerahkan bantuan mengatakan, bantuan untuk para pedagang ikan dan beberapa kelompok tani yang ada di kota Padang Panjang,  merupakan ujud kepedulian pemerintah provinsi untuk para pedagang dan kelompok tani. Sebagai Anggota DPRD, ini sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk sedikit meringankan beban saudara kita yang bergerak dibidang jual beli ikan dan kelompok tani, terang Arkadius yang diamini oleh Puji Hastuti dan Nasrul Efendi. 

Sementara Sang Kadis,  Ade Nefrita, menyebutkan rincian bantuan yang diberikan, traktor roda dua dan handsprayer diberikan kepada Keltan Simbaru, Keltan Sepakat Utara dan Keltan Bahagia.  Lalu, untuk Keltan Multi Agro dan Keltan Talang Saiyo mendapat Cultivator.  Sedangkan, mesin potong rumput diberikan kepada Keltan Lembuti I, Keltan Binuang dan Keltan Mata Air. 

Ditambahkannya, untuk bantuan ternak  diberikan kepada Keltan Multi Agro berupa 1.000 ekor ayam, pakan tenak serta bahan bangunan kandang. Keltan Bahagia mendapat kambing 40 ekor, pakan 720 kg serta bahan bangunan kandang. Bantuan ini, semuanya berasal dari dana APBD provinsi dan pokir Ketua Komisi II DPRD Sumbar," jelasnya.

Dia berharap, bantuan ini dapat meningkatkan  produksi serta produktivitas pertanian. Dan untuk bantuan fish box, diharapkan dapat meluaskan pemasaran bagi pedagang ikan di Padang Panjang.

Terhadap penerima bantuan ini, pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi apakah bantuan ini digunakan  sebaik-baiknya atau tidak. Sehingga  bantuan yang diberikan tepat sasaran dan bermanfaat bagi penerima(maisonpisano)
 
Top