Pdg, Panjang. Lintas Media News. 
Bertempat di ruang rapat DPPKBP3A Kota Padang Panjang, gelar rapat persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dengan peserta kepala OPD se kota Padang Panjang. Rapat persiapan ini di buka secara resmi oleh Asisten 1 bidang politik, kesra Syahdanur. 

Dalam sambutanya, di tekankan peran Pemerintah Daerah untuk memperhatikan pengarusutamaan gender (PUG). Program dan kegiatan yang mendukung PUG akan dilakukan penilaian sudah sejauh mana pelaksanaan PUG di Kota Padang Panjang.p

Selanjutnya, dasar disampaikan bahwa penilaian dan pemberian APE ditentukan nilai absolut yang berasal dari pemenuhan indikator isian dalam aplikasi APE , hasil verifikasi tim penilai dan proses pelembagaan PUG di daerah

Kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

 APE, juga sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan  Pemerintah Daerah dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui 7 (tujuh) prasyarat dan pelaksanaan perencanaan dan Penggaran yang Responsif Gender (PPRG).

Hal utama, yang menjadi penilaian APE adalah kegiatan di setiap Perangkat Daerah, dalam menyukseskan program berbasis gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak. Dengan, terpenuhinya, kriteria diatas, secara harfiah pemerintah daerah telah menjalankan apa yang sudah digariskan dari kementrian sosial,tentang pemenuhan kebutuhan anak.

Untuk itu, Syahdanur, meminta seluruh OPD memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dalam mempetsiapkan ajang lomba atau anugerah parahita tersebut. 

“Sebab, anugerah atau penghargaan itu merupakan bentuk komitmen dan peran Kepala Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender,” katanya.

Sementara itu, OPD yang akan menjadi leading sector  dalam meraih penghargaan Parahita Ekapraya adalah Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Padang Panjang. 

Sementara, Kadis DPPKBP3A, yang diwakili Sekretaris, Drs. Eri mengatakan, salah satu upaya untuk meraih penghargaan Parahita Ekapraya,  OPD terkait harus memasukan unsur yang memuat kebijakan yang memerhatikan pengarusutamaan gender. 

Jadi, jalinan kerja sama yang apik, antar OPD sangat dibutuhkan dalam mengujudkan kesetaraan gender di kota Padang Panjang. Meski, selama ini kesetaraan gender sudah berjalan dengan baik. Tetapi,  alangkah baiknya dalam menyongsong penilaian Parahita Ekaparaya untuk kota Padang Panjang.lup Masing masing OPD tetap dengan komitmenya, pungkas Eri.(maisonpisano)
 
Top