Penyerahan bantuan peralatan Pengelolaan Sampah oleh Staf CSR Semen Padang Jayus Karnedi di Jorong Sentosa Nagari Panti Kab. Pasaman, yang dihadiri ketua PKK Kab. Pasaman dan Bupati Pasaman Senin, 31 Agustus 2020. (foto:hms)


Pasaman, Lintas Media News

PT. Semen Padang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, memberikan bantuan sebanyak 20 unit alat pengolahan sampah kepada Dasawisma Kemiri 8 Jorong Sentosa, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman.

Bertempat di halaman Kantor Camat Panti, bantuan untuk program Wanita Peduli Sampah bagi kalangan Ibu rumah tangga itu diserahkan oleh Staf CSR Semen Padang, Jayus Karnedi yang didampingi Staf Unit Safety Health Environtment (SHE) kepada Ketua Dasawisma Kemiri 8, Irawati, Senin (31/8/2020). 


Hadir pada acara itu Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis, Perwakilan  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar dan Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman,  Camat Panti, Ketua TP-PKK Kecamatan Panti beserta Anggota, Wali Nagari Panti dan Ketua TP-PKK Nagari Panti beserta Anggota dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pasaman, serta sejumlah tokoh masyarakat Panti.

Staf CSR PT Semen Padang Jayus Karnedi  mengatakan, bantuan alat pengolahan sampah ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT Semen Padang terhadap lingkungan guna menunjang program Wanita Peduli Sampah di Pasaman.

Alat pengolahan sampah ini, sebutnya, diharapkan dapat membantu masyarakat, terutama bagi ibu rumah tangga di Dasa Wisma Kemiri 8. "Manfaatkanlah alat pengolahan sampah ini dengan baik, serta jaga dan rawatlah dengan sebaik mungkin," kata Staf CSR PT Semen Padang, Jayus Karnedi usai penyerahan bantuan. 

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis menyampaikan berterimakasih kepada PT Semen Padang yang telah menyerahkan bantuan alat pengolahan sampah. "Terimakasih Semen Padang atas bantuannya. Dan bantuan ini, sangat bermanfaat untuk program wanita peduli sampah," katanya.

Program wanita peduli sampah di Provinsi Sumatera Barat ini telah dimulai sejak tahun 2018 dan program ini digulirkan oleh Pemerintah, karena sampah cukup dekat dengan kaum ibu-ibu. "Kaum ibu adalah sosok utama yang menjaga kebersihan dan keindahan rumah tangga dan lingkungan disekitarnya," ujar Ny. Suryani. 

Dasawisma Kemiri 8 ditunjuk sebagai penerima bantuan peralatan pengelolaan sampah tersebut, lanjutnya, karena dari hasil verifikasi bersama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman dan TP-PKK Kabupaten Pasaman, Dasa Wisma Kemiri 8 termasuk Dasa Wisma yang berprestasi. 

"Dasa Wisma Kemiri 8 ini juga merupakan Juara 1 dasa wisma berprestasi tingkat Kecamatan Panti, Juara Harapan II Dasa Wisma berprestasi tingkat Kabupaten Pasaman, dan Juara 1 Lomba Nagan Bersih dan Hijau tingkat kecamatan Panti Tahun 2020," bebernya.

Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Semen Padang atas bantuan alat pengolahan sampah tersebut. "Mudah-mudahan dengan adanya alat pengolahan sampah dari PT Semen Padang ini, maka para Ibu rumah tangga di Panti ini dapat maksimal dalam memanfaatkan sampah an-organik menjadi barang-barang daur ulang yang bernilai ekonomis," katanya.(*/b/hms)

 
Top