Pdg. Panjang,lintas Media News.
Satuan Polisi Pamong Praja  (Satpol PP) Kota Padang Panjang gencar melakukan  pengawasan kedisiplinan kepada masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan. Sejak, diterapkannya masa adaptasi kebiasaan baru. Upaya tersebut turut melibatkan unsur Kepolisan dan TNI.

"Hingga saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan. Tidak ada cara lain pencegahan penularan virus corona selain kedisiplinan kita menerapkan Protokol kesehatan. Yaitu, memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan," ungkap Kasatpol PP Kota Padang Panjang Drs. M. Albert Dwitra, MM melalui Kabid Trantibum Penagakan Perda Herick Eka Putra, di Kantor Balaikota,Senin 24/8/2020.

Untuk itu, pihaknya selaku Penegakan Perda, bekerja dan bertindak berdasarkan Perwako No. 25 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Tatanan Normal Baru. Berdasarkan,  peraturan iti,  pihaknya akan intens melakukan penertiban kepada pelanggar perda tersebut.

Untuk, sekolah Menengah Pertama, yang telah menerapkan pembelajaran tatap muka, Pol PP telah menugaskan anggota untuk melakukan pengamanan dan pengawasan siswa dari masuk hingga pulang sekolah.

Adapun, masa pengawasan tersebut mulai dari " Jam 6.30 anggota Pol PP sudah bertugas melakukan pengamanan di sejumlah sekolah SMP, anggota Pol PP stand by sampai jam sekolah selesai, sepulang sekolah kita benar benar mengawasi para pelajar itu sampai pulang," kata Herick.

Pol PP bahkan, mengingatkan para pelajar tidak jalan berbarengan  sepulang sekolah. " Para pelajar itu juga  diingatkan tidak jalan  bergerombol sepulang sekolah,  Ditempat jajan di tepi jalan, bila kita temukan ada kerumunan anak sekolah, maka langsung kita bubarkan," katanya.

Bersama TNI dan Polri, Pol PP juga melakukan operasi  masker di pasar. " Pol PP juga melakukan operasi masker, kita juga membagi-bagikan masker, meminta masyarakat tidak abai," kata Herick

" Dikarenakan  posisi kantor kita agak sulit diakses masyarakat, maka kita juga mendirikan posko pengendalian trantibum di Gedung M. Syafei. Hal ini untuk memudahkan kita melakukan pemantauan dan pengawasan serta jmempermudah interaksi dengan masyarakat," lanjut Herick.
 
Sore harinya, Pol PP  mengerahkan anggota nya berkeliling hingga memasuki gang, mengingatkan warga pentingnya protokol kesehatan. Artinya, memasuki tatanan kehudupan baru, masyarakat tudak boleh seenaknya beraktifitas diluar tanpa mengunakan alat pelundung kesehatan, seperti masker, sarung tangan dan jangan lupa biasakan mencuci tangan,  sesudah atau sebelum bepergian, pungkasnya.(maisonpisano)
 
Top