Padang, Lintas Media News

Upacara Bendera 17 Agustus merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan secara rutin. Kali ini upacara bendera tahun ini nampak berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan bangsa Indonesia masih dalam pandemi Covid-19.

Maka dari itu, upacara kali ini akan diselengarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, dengan membatasi jumlah peserta upacara dan tamu undangan, serta harus menggunakan masker dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat dari pandemi Covid-19. "Kegiatan ini penting, upacara kenegaraan memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, tetap diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus, namun kita kurangi jumlah yang hadir," ucap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Sumbar berjalan khidmat, Senin (17/8/2020). Upacara dilaksanakan dilapangan Kantor Gubernur dengan inspektur upacara Gubernur Irwan Prayitno, untuk Komandan upacara AKBP Dedi Nur Ardiansyah, S.I.K, M.Si., Perwira Upacara AKBP Suriadi dan Perwira Keamanan upacara Kompol Afrizon.

Sementara, untuk Pasukan Pengibaran Bendera Merah Putih adalah Yolanda Adrian Tami Safitri (SMA N 12 Padang), Adittia Afrilia Putra SMA N 4 Padang) dan Cikal Allfreson Palido (SMA N 8 Padang). "Biasanya Forkopimda hadir beserta istri, tamu-tamupun sengaja tidak kita undang, bahkan peserta upacara hanya 20 orang. Ini sudah diatur secara Nasional, baik provinsi maupun kabupaten kota," sambungnya.

Hal itu diakibatkan pandemi COVID-19 yang masih mengancam Indonesia. Untuk semua aspek dan elemen yang biasa menghadiri upacara langsung di Istana, maka kali ini hanya dapat mengikuti jalannya upacara secara virtual. "Nanti kita bersama Forkopimda akan mengikutinya dengan virtual pada Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2020," ujarnya.

Masyarakat luas juga dapat mengikuti jalannya upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi secara virtual. (b/hms)



 
Top