PADANG.Lintas Media News.
Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan ibadah shalat Jumat pertama sejak penerapan tatanan normal baru, produktif aman covid. Dibukanya kembali Masjid Raya dalam aktifitas kegiatan ibadah dengan tetap disiplin protokol kesehatan secara resmi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang bertepatan dengan sholat Jumat berjamaah.

Dalam pantauan Humas setda Sumbar di lokasi, Masjid Raya yang berlantai dua tersebut, hanya lantai satu saja digunakan untuk shalat Jumat, dalam pencegahan terpaparannya Covid-19 di tempat ibadah. Jemaah memadati ruang utama hingga ke keluar dari masjid.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap pelaksanaan ibadah shalat Jumat tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, seperti jaga jarak antar jamaah, memakai masker serta tes suhu badan dan cuci tangan pakai sabun sebelum masuk masjid.

Dalam khutbah Jumat itu Gubernur Irwan Prayitno memberikan judul "Dengan Ibadah Kita Hadapi Musibah". Sabar merupakan sifat utama bagi orang yang beriman. Karena dalam keadaan bagaimanapun bagi orang beriman itu semua adalah kebaikan.

"Dalam kondisi saat ini, untuk memghadapi musibah Covid-19 ini kita harus menghadapi dengan sabar. Jadi kunci keniscayaan mengahadapi Covid-19 adalah Bersabar. Sabar kita beribadah, sabar menghadapi covid, namun kita tetap semangat," pesan ustad H. Irwan.

Selain itu khatib H. Irwan Prayitno mengatakan sifat utama seorang Mukmin ketika menghadapi musibah adalah bersabar. Wabah Covid-19 yang sekarang melanda dunia merupakan ujian dari Allah.

"Yang tidak sabar dan tidak siap mengahadapi Covid ini, maka kita akan tengelam dalam situasi ini," ucapnya.

Maka sabar dalam hal ini adalah dengan diiringi ikhtiar dan tawakal. Sabar bukan berarti tanpa ikhitiar. Sikap sabar bukanlah sikap pasif yakni tidak berbuat apapa-aoa. Atau bahkan menerjang keadaan yang tidak baik.

"Tingkatkan beribadah kuatkan keimanan, itu tantangan bagi umat Islam. Yakinlah Allah akan melindungan kita. Dan Allah menyertai orang-orang yang sabar," tuturnya.

Akhir khotbahnya, Gubernur menyampaikan agar masyarakat selalu patuh dalam mengikuti protokol kesehatan demi menghindari penularan corona lebih lanjut.

Sementara itu Pelaksanaan sholat Jumat di Masjid Raya Sumbar, berjalan khusyuk meski dengan aturan baru. Yaitu menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah guna mencegah paparan Covid-19 di tempat ibadah.(rel)
 
Top