Padang.Lintas Media News.
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diharapkan dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Oleh karena itu perlu persiapan dan tahapan-tahapan dengan memperhatikan keselamatan peserta dan keselamatan panitia penyelenggara maupun masyarakat pemilih menjadi prioritas utama.

"Pillkada pada tahun 2020 ini kita adakan pada masa pandemi covid-19, menyikapi kondisi ini perlu kita persiapkan Alat Pelindung Diri (APD) diantaranya masker, hand sanitizer dan lain-lain sesuai dengan protokol covid-19",kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat menerima audiensi rombongan dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat di ruang kerja Kamis, (11/6/2020).

Lebih lanjut Gubernur menyebutkan akan melakukan koordinasi untuk mengadakan rapat dengan bupati walikota dengan tujuan untuk menyamakan persepsi agar proses tahapan yang akan dilaksanakan baik dengan kabupaten maupun kota sama-sama memiliki kesamaan persepsi.

"Untuk pelaksanaan terhadap kebutuhan perlengkapan juga ditanggung oleh kabupaten kota.Kebutuhan perlengkapan itu bisa difasilitasi oleh tim gugus tugas oleh dinas kesehatan masing-masing ini perlu dikoordinasikan," lkatanya.

Kebutuhan tersebut tidak dapat dicukupi oleh pemprov saja, harus dibantu juga oleh kota dan kambupaten. Untuk APD sesuai dengan naskah perjanjian hibah daerah ( NPHD) dianggarankan oleh BPBD Sumbar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terkait dengan APD untuk merekomendasikan.

Selanjutnya pada tanggal 16 Juli nanti akan mengukuhkan kembali KPPS dengan diberinya pembekalan dan tanggal 18 sudah bisa kerja hingga 20 Juni juga masih kerja. Selanjut besok hari Jumat 18 Juni harus  cepat selesai semua untuk membahas hasil terkait dengan APD.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, ketua KPU Sumbar Amnasmen, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, ketua BPBD E Rahrman, Asinten III Nasir Ahmad, dan Kepala Kesbangpol Naswir, serta beberapa audiensi lainnya.(rel/st)
 
Top