Padang.Lintas Media.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Irsyad Syafar mengatakan.Disribusi anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah Provinsi (Pemprov) pada tahun 2020 akan mengalami pemangkasan. Meski demikian, kinerja harus tetap optimal.

Hal tersebut diungkapkan Irsyad saat ditemui awak media , Sabtu (5/10).

Menurut Irsyad, sejumlah agenda besar akan dilaksanakan pada tahun 2020 diantaranya, penastani, pilkada serta MTQ, untuk melancarkan agenda berskala nasional tersebut, membutuhkan anggaran sebesar Rp 360 miliar dan itu telah ditampung dalam komposisi APBD 2020.

 Dijelaskannya, untuk pembukaan MTQ Nasional akan dilaksanakan di main stadion, Sikabu, Kabupaten Padangpariaman, pengerjaan masih dikebut hingga akhir tahun 2019.

Anggaran membengkak untuk melancarkan pelaksanaan, sehingga pemangkasan terjadi. Rp 360 miliar merupakan nilai yang cukup besar.

" Anggaran sebanyak itu, diatas distribusi ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumbar, kondisi ini jangan mempengaruhi kinerja", katanya.

Terkait tersedotnya anggaran untuk beberapa angenda besar pemerintah provinsi yang mengancam sejumlah pengerjaan infrastruktur masyarakat,hal tersebut mesti disiasati dengan upaya menggunakan anggaran pemerintah pusat, salah satu yang menjadi perhatian abrasi pantai yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel).Kata Irsyad.

Irsyad menjelaskan.Beberapa daerah membutuhkan dibangunnya dam pemecah ombak tersebut untuk mencegah abrasi yang mengancam permukiman penduduk, untuk satu titik pembangunan diperkirakan mencapai Rp 1,4 miliar jika dilihat dari postur APBD Sumbar tidak akan cukup.

"Untuk tahun 2020 terdapat enam kegiatan diantaranya, MTQ, Penastani, Harganas, TDS, Pilkada dan pengiriman atlet pada PON ke XX di Papua",jelas Irsyad Safar. (Sri)


 
Top