Padang,Lintas Media.
Tim Silaturrahmi Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang di pimpin Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Hendra Irwan Rahim,Rabu (15/5) mengunjungi Masjid Baitul Amal Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang.Silaturrahmi yang tahun-tahun sebelumnya disebut Safari Ramadhan ini merupakan agenda rutin Pemprov Sumbar dalam rangka bersilaturahim ke masyarakat sekaligus menjemput aspirasi dan menyampaikan pesan-pesan pembangunan.

Hendra Irwan Rahim pada kesempatan itu mengingatkan  bahaya penyakit masyarakat (pekat) dan dampak negatif penyimpangan perilaku Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang saat ini marak ditengah-tengah masyarakat. Perilaku menyimpang ini sangat menyalahi norma dan ajaran agama, yang tanpa disadari telah berkembang.

Menurut Hendra,penyakit masyarakat adalah masalah sosial yang timbul dari kurangnya pendidikan terutama ilmu agama. Peran orangtua, ninik mamak, pemuka agama dan tokoh masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah timbulnya masalah ini.

“LGBT justru menjangkiti kaum terpelajar dan mahasiswa. Orangtua harus menyadari ini dan harus melakukan upaya pencegahan dengan memberikan tuntunan agama yang baik kepada anak-anak,” kata Hendra.

Hendra mengungkapkan, pemerintah provinsi Sumatera Barat telah menjadikan penyimpangan perilaku seksual ini sebagai masalah yang harus dihadapi dengan serius. Selain melalui sosialisasi, pemerintah dan DPRD juga mencoba melakukan pencegahan melalui regulasi.

“Namun, berbagai upaya tersebut harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat agar bisa efektif dalam rangka membina anak-anak bangsa untuk menciptakan generasi masa depan yang berkualitas,” Tukuk Hendra.

Selain Pekat dan LGBT, Hendra juga mengingatkan, agar pesta demokrasi tidak menyebabkan perpecahan di tengah masyarakat,pilihan boleh berbeda,perbedaan pendapat atau pilihan itu adalah hal biasa dalam berdemokrasi namun, tujuan tetap satu,memilih presiden yang pro rakyat,siapa pun yang terpilih tetap kita akui bahwa dia yang terbaik, tetap menjaga kerukunan,jangan sampai Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi ajang perpecahan.

Untuk itu, Hendra berharap agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing berbagai isu yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Semakin cepatnya perkembangan informasi melalui kemajuan teknologi harus disikapi dengan arif dan bijak.

“Melalui teknologi komunikasi dewasa ini, penyebaran informasi sangat cepat. Ini harus disikapi dengan bijak sehingga tidak terpancing dengan isu yang belum jelas kebenarannya,” lanjut Hendra.

Tim Silaturrahmi Ramadhan yang dipimpin oleh Hendra Irwan Rahim antara lain diikuti oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Sumatera Barat Zaenudin, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Dan Lanud Sutan Syahrir serta Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat Raflis.

Pada kesempatan itu TSilaturrahmi Ramadhan Provinsi Sumbar juga menyerahkan bantuan secara simbolis sebesar Rp.20 juta untuk membantu pembangunan Masjid Baitul Amal Marapalam yang saat ini sedang menjalankan pekerjaan pembangunannya.(Sri)

 
Top