50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Bateang Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk alung Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Ombilin Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sulawesi selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Dukung Gaya Hidup Aktif, Komunitas Squash Gelar Turnamen Amatir di Jakarta

Jakarta,Lintas Media News
Sebagai upaya untuk mempromosikan gaya hidup aktif di kalangan pekerja, komunitas olahraga Main Squash dan Squashub berkolaborasi untuk mengadakan turnamen amatir bertajuk “Squash Rookie” di Racquet 25 Kemang, Jakarta Selatan, pada tanggal 2-3 Maret.

Turnamen ini akan diikuti oleh total 40 peserta yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang mayoritas berasal dari kalangan pekerja di Jakarta berusia 25-40 tahun yang telah rutin atau baru mulai bermain olahraga squash. 

Riset dari peneliti Universitas Bina Nusantara di tahun 2021 menunjukkan bahwa pekerja di Jakarta, terutama para millennial, rentan terhadap burnout atau stress akibat pekerjaan sehari-hari. Untuk mencegah burnout, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan peningkatan skill untuk mengelola stress, salah satunya lewat aktivitas fisik yang menyenangkan atau olahraga. 
Namun, data menunjukkan bahwa 1 diantara 4 orang dewasa (usia 18-64 tahun) tidak memenuhi rekomendasi aktivitas fisik berdasarkan panduan WHO yakni minimal 2,5 jam intensitas sedang atau 1,5 jam intensitas tinggi per minggu. Padahal, mengadopsi gaya hidup aktif dengan berolahraga rutin dapat mencegah berbagai penyakit tidak menular (PTM) seperti jantung, stroke, hingga  kanker payudara. 

Raditya Immanzah, pendiri komunitas Main Squash, menyatakan bahwa turnamen squash amatir ini diadakan untuk semakin mempromosikan squash yang mulai digemari oleh para pekerja di Jakarta. “Squash adalah olahraga raket dengan intensitas sedang ke tinggi yang menyenangkan dan relatif mudah dimainkan oleh semua orang, baik yang sering maupun jarang berolahraga.” 

Ia menambahkan, “Walaupun belum se-populer bulutangkis atau tenis, sesi latihan komunitas kami rutin diikuti oleh sekitar seratus orang per bulan di Jakarta maupun Tangerang. Harapannya, squash dapat jadi olahraga alternatif bagi teman-teman yang ingin memulai gaya hidup aktif dan sehat di tengah kesibukan kerja di Jakarta.” pungkasnya.

Squash merupakan olahraga indoor yang dilakukan dua atau empat orang dengan berbalas memukul bola kecil ke dinding menggunakan raket. Survey dari majalah Forbes pernah menobatkan squash sebagai olahraga paling sehat berdasarkan komponen dasar kebugaran yang dilatih seperti otot, jantung, pernafasan, serta jumlah kalori yang dibakar dan minimnya resiko cedera dalam 30 menit. Di tahun 2028 mendatang, untuk pertama kalinya squash akan dipertandingkan sebagai cabang olahraga di Olimpiade. 

Giovanny Bella, pekerja kantoran di daerah Kuningan yang akan menjadi peserta turnamen squash, menyatakan bahwa Ia rutin berolahraga squash sepulang kerja untuk melepas penat sekaligus menjaga kebugaran. Dia ikut mendaftar turnamen squash untuk mendukung komunitas agar olahraga ini semakin dikenal. “Selama ini saya senang bisa bermain squash dengan komunitas di Gelora Bung Karno (GBK) ataupun Kemang. Mengikuti turnamen squash juga untuk have fun, olahraga sambil berkumpul dengan komunitas. Kalau semakin banyak yang join komunitas squash, tentu akan menyenangkan karena bisa bertemu teman dan network baru sambil menjaga kesehatan.” 

Turnamen Squash Rookie ini mendapat dukungan dari berbagai sponsor yang menaruh perhatian terhadap perkembangan olahraga di Indonesia seperti Decathlon, Indofood, Yava, Deorex, dan LYV Wear. Jika tertarik untuk menyaksikan keseruan olahraga squash atau pun berinteraksi dengan komunitas squash di Jakarta, kamu bisa datang ke lokasi acara di Racquet 25 Kemang pada tanggal 2 - 3 Maret 2024.(rel)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.