50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

18 Desa Wisata Dharmasraya Telah Terdaftar Di Kementerian Pariwisata


Dharmasraya ,lintasmedianews.com – Dalam mewujudkan Ranah Cati Nan Tigo jadi desa wisata, kini upaya Dinas Budparpora Kabupaten Dharmasraya mulai menunjukkan hasil. Telah terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebanyak 18 desa wisata di  Dharmasraya tahun 2022 ini.

Berdasarkan penjelasan yang disajikan oleh Kepala Bidang Kepariwisataan Beny Mandala dan data dari jandesta.com (aplikasi kementerian pariwisata) 10 dari 18 desa wisata di Kabupaten Dharmasraya menduduki posisi desa wisata maju, sedangkan sisanya satu desa wisata rintisan dengan tujuh lainnya berkembang.

Dari sedikit ulasannya, wakili Kepala Dinas Budparpora Sutan Muhammad Taufik, Beny Mandala menyebutkan bahwa desa wisata di Dharmasraya sudah masuk kedalam kategori 500 dan 300 besar nasional di Kementerian Pariwisata,Jumat (03/06/2022).

"Menjadi challenge bagi kami Dinas Pariwisata untuk mewujudkan desa wisata di seluruh Dharmasraya. Dari program desa wisata ini kedepannya bisa menjadi ajang untuk menggali potensi dan mengambil keuntungan melalui keunggulan dari motivasi membusanai daerah mereka" tutur Beny Mandala.

" Tentunya bukan ambisi semata, melainkan mendominankan ke urgensi dan eminensi Nagari " sambungnya.

"Alhamdulillah Bapak Menteri Sandiaga Uno sudah mengumumkan untuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 pada saat ini kita sudah mencapai kategori 300 besar nasional desa wisata yakni Koto Ranah dari 1800 Desa Wisata seluruh Indonesia (2021). Di tahun 2022 dari 3400 Desa Wisata seluruh Indonesia Embung Gajah Nemo Nagari Sungai Duo masuk ke 500 besar nasional Desa Wisata" ungkap Kabid pariwisata itu.

Terkupas dari itu , Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya, Kepala Dinas Budparpora, Kepala Dinas BPMD, serta Camat tengah melakukan bimbingan teknis dan studi tiru pengembangan dan pengelolaan desa wisata berbasis masyarakat, potensi lokal dan ketahanan pangan ke desa wisata Tamansari Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur ,Minggu(06/06/2022).

Arif Gumensa Wali Nagari Sipangkur saat berada di Kabupaten Banyuwangi mengatakan pada media ini kegiatan dinas luar tersebut untuk belajar kiat sukses Desa Tamansari Banyuwangi bisa masuk ke 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

“Saat acara bimtek dan studi tiru di aula hotel kami disambut langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, menurutnya Desa Taman Sari telah melakukan desa digital, dan di Desa Tamansari ini selalu melakukan festival- festival untuk menarik para wisatawan lokal maupun internasional, semua dikelola oleh Bumdes, selama ini Desa Tamansari hanya dilewati para wisatawan yang mau pergi ke Kawah Ijen atau Blue fire yang hanya ada dua di dunia, oleh karena itu pemerintahan desa melakukan inovasi-inovasi baru serta membuat villa di rumah-rumah warga sehingga menjadi sumber pendapatan oleh warga sekitar,” katanya.(elda)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.