Lintasmedia news.com,DHARMASRAYA - Dalam rangka memperingati Nuzul Quran 1444 Hijriah, warga Muaro Momong, Kenagarian Sungai Kambuik, Kecamatan Pulau Punjung, gelar MTQ antar jorong, yang dilaksanakan pembukaanya pada Senin ( 3/4/2023). Kegiatan siar islam yang dipusatkan di Masjid Al Muhajirin tersebut dibuka langsung Walinagari Sungai Kambuik, Asrial Amri. Hadir pada kesempatan itu Anggota DPRD Fraksi Nasdem, Ampera Dt Labuan, niniak mamak, bundo kanduang, serta warga setempat.

Dalam sambutannya Wali Nagari menyampaikan pesan agar masyarakat di ex jorong Muaro Momong senantiasa memelihara persatuan dan kesatuan. Hanya melalui persatuan dan kesatuan maka jorong ex Muaro Momong bisa berkembang lebih pesat lagi.

“Di jorong ini banyak tinggal para pejabat. Ada anggota DPRD, ada kepala dinas, bahkan ada camat. Ini merupakan potensi yang harus diekplor untuk memajukan jorang kita. Makanya kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga kekompakan biar pembangunan makin laju dan lancar,” kata Asrial Amri.

Menurut Ketua Pengurus Masjid Al Muhajirin, Budi Waluyo, digelarnya MTQ adalah dalam rangka memperingati Nuzul Alquran. Selain itu juga menjadi ajang evaluasi bagi kegiatan TPQ yang ada di jorong setempat. Kegiatan serupa sejak tahun 2007 sudah dilaksankan, tanpa terputus sampai tahun 2023 ini. “Kami berharap MTQ ini melahirkan bibit yang cinta akan alquran,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ, Ujang Asril menjelaskan, cabang lomba yang akan dilaksanakan meliputi lomba kiraat, lomba tartil dan lomba azan. Masing masing cabang lomba dilaksanakan untuk katagori anak anak, remaja dan katagori dewasa. Sementara dewan juri adalah guru guru TPQ terbaik se Nagari Sungai Kambuik. ”Kegiatan MTQ ini sudah menjadi agenda tahunan bagi warga Muaro Momong,” terangnya singkat.

Kemudian, Anggota DPRD Ampera Dt. Labuan menyatakan apresiasi kepada warga Muaro Momong atas terlaksananya MTQ tersebut, setiap tahun. Ampera Dt Labuan yang juga merupakan warga setempat menyisihkan sebagian dana pokirnya di bidang keagamaan untuk membangun gapura masjid, pagar masjid bahkan untuk membangun satu unit mushalla lengkap sudah dilakukannya. Ia berharap apa yang telah dirinya berikan dapat dimanfaatkan oleh warga sebagaimana mestinya.(elda)
 
Top