Padang,Lintas Media News
Akhirnya, SK Penetapan Sumbar Tuan Rumah Porwanas 2024, sampai di Padang. SK tersebut dikeluarkan PWI Pusat, melalui Surat Keputusan PWI Pusat No: 465-PLP/PP-PWI/2023 tertanggal 17 April 2023, tentang Penetapan PWI Sumbar sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) 2024.

Ketua PWI Sumbar Basril Basyar, di Padang,  mengatakan, penetapan ini merupakan perjuangan panjang yang dilakukan PWI Sumbar  dan didukung sepenuhnya oleh Pemprov Sumbar.

Menurut dia, usai Porwanas Malang 2021, sebenarnya yang diproyeksikan menjadi tuan rumah adalah Solo. Saat  Rakernas SIWO, calon tuan rumah bertambah Aceh, Kaltim dan Sumbar.

"Kita PWI Sumbar terus menggalang dukungan dari provinsi lain agar bisa mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah. Kita juga minta rekomendasi  Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar. Rekomendasi itu kita dapatkan, lalu dibawa ke Rakernas SIWO oleh Ketua SIWO Sumbar," kata dia.
Proses terus berjalan dan kota Solo yang awalnya menjadi calon kuat perlahan mundur, apalagi hingga rapat koordinasi, awal April, hanya Sumbar yang memiliki dukungan dari pemerintah daerah," kata Basril Basyar didampingi Sekretaris PWI Sumbar Firdaus Abie dan Ketua SIWO PWI Sumbar Syaiful Husein.

"Kita optimistis, sebab kita dapat dukungan dari Gubernur Sumbar dan Ketua DPRD Sumbar. Selesai lebaran, PWI Pusat akan datang ke Padang untuk melihat kesiapan sarana serta cabor yang akan diperlombakan," katanya.

Dalam SK tersebut juga disampaikan agar PWI Sumbar berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dalam menentukan tanggal pelaksanaan. Meminta PWI Sumbar berkoordinasi membentuk panitia pelaksana daerah dan memberikan laporan kepada PWI Pusat.

Sebelumnya Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa mengatakan,  ada empat daerah yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Porwanas, yakni Solo, Aceh, Kaltim dan Sumatera Barat.

Dari empat daerah tersebut, hanya Sumbar yang lebih serius. Hal itu dibuktikan ada surat rekomendasi dari Gubernur H. Mahyeldi dan Ketua DPRD Sumbar Supardi.

"Dari empat provinsi yang mengajukan diri, hanya Sumbar yang serius dengan diiringi surat dukungan dari gubernur dan ketua DPRD," ujar Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa.

Ia mengaku salut atas perjuangan yang gigih Sumbar ingin menjadi tuan rumah yang dukung oleh gubernur dan ketua DPRD.

"Saya mengucapkan terima kasih dan salut kepada Ketua SIWO PWI Sumbar, Uda Syaiful, Ketua PWI Sumbar, Uda Basril Basyar dan gubernur serta ketua DPRD telah gigih dan berjuang untuk menjadi tuan rumah Porwanas XIV. Selamat buat Sumbar," tambahnya.

Sebenarnya, pada Rakernas SIWO di Medan pada Februari lalu, Solo yang menggebu-gebu mengajukan jadi tuan rumah Porwanas. Namun tidak diiringi keseriusan, karena tidak ada sehelai kertas pun yang diberikan untuk membuktikan keseriusanya ke SIWO Pusat.

"Setelah beberapa kali dikontak dan di kirim WA, namun tidak ada respon sama sekali oleh Ketua SIWO Solo. Terus terang saya menyesalkan tidak ada respon yang sebelumnya menggebu-gebu ingin jadi tuan rumah. Seharusnya kan bisa dibalas, kalau tidak bisa tuan rumah ya bilang aja, kan beresnya," sesalnya.

Rapat koordinasi tersebut, selain dihadiri oleh Ketua SIWO se-Indonesia, di Sumbar selain dihadiri Ketua SIWO Syaiful Husein, Ketua PWI Basril Basyar juga dihadiri Sekretaris SIWO Andri Besman, Bendahara Scince Astra dan Mario S. Nasution.( *)
 
Top