PADANG,Lintas Media News.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo yang memporak porandakan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang, PT Semen Padang mengirim 10 relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi bencana gempa.

Dilepas langsung Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa, 10 relawan TRC dari perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, nantinya akan bergabung bersama BUMN Peduli di lokasi bencana gempa Cianjur, selama 5 hari ke depan.

"Ada 11 Tim BUMN Peduli yang akan ikut membantu penanggulangan bencana gempa di Cianjur. TRC Semen Padang masuk ke dalam tim rescue," kata Asri Mukhtar usai melepas relawan TRC di Lantai I Kantor Pusat PT Semen Padang, Selasa, (22/11/2022). 
Pelepasan relawan TRC Semen Padang itu, turut dihadiri Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z. Lubis, dan sejumlah staf PT Semen Padang, termasuk sejumlah pengurus TRC Semen Padang.

Lebih lanjut Asri menyampaikan, bencana gempa di Kabupaten Cianjur yang menelan ratusan korban jiwa itu, merupakan duka bersama yang tentunya menjadi perhatian semua pihak, termasuk Semen Padang. Karena, Semen Padang selalu berkomitmen dan peduli terharap bencana yang terjadi di Indonesia.

"Relawan TRC ini adalah ujung tombak dalam menyelamatkan dan memberikan pertolongan terhadap para korban bencana. Misi kemanusian ini, tentunya menjadi tugas secara pribadi dan juga tugas mulia, di samping juga menjadi tugas dari Semen Padang," ujar Asri.

Untuk itu, kata Asri melanjutkan, sesampai di lokasi bencana gempa, relawan TRC diminta untuk cepat berkoordinasi dan cepat untuk bertindak. "TRC itu harus cepat. Relawan TRC itu tidak butuh waktu lama untuk berpikir. Jadi, harus berkoordinasi secara cepat," bebernya. 

Kepada 10 relawan TRC Semen Padang yang diberangkatkan hari ini ke Cianjur, Asri pun berpesan untuk menjaga keselamatan selama berada di lokasi bencana gemja di Cianjur. "Artinya, sehat pergi, selamat bekerja dan selamat kembali ke Semen Padang," kata Asri. 

Semetara itu, koordinator TRC Semen Padang untuk bencana gempa Cianjur, Saparuddin mengatakan, relawan TRC berangkat ke lokasi gempa Kabupaten Cianjur melalui jalur udara. Setiba di lokasi bencana, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas BUMN (Jasa Marga) dan pihak terkait lainnya yang ada di sana.

"Selama berada di lokasi bencana, aktifitas yang kami lakukan adalah penaggulangan bencana bekerjasama dengan penanggung jawab daerah setempat, serta melakukan pertolongan dan evakuasi korban. Kemudian, kami juga melaporkan kepada Manajemen Semen Padang untuk perkembangan di Cianjur," katanya.

Seperti diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin (21/11/2022) siang, dan berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebabkan dampak yang sangat besar hingga menelan banyak korban. Selain korban jiwa dan luka-luka, gempa juga menyebabkan banyaknya bangunan rusak berat.(*)
 
Top