PADANG,Lintas Media News.
Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri menjabarkan pentingnya sifat amanah dan kompeten, yang merupakan bagian dari 6 prinsip AKHLAK yang wajib dijalankan BUMN, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dalam sebuah acara yang bertajuk Learn and Share Values Akhlak.

Kegiatan yang berlangsung secara daring itu dibuka oleh Direktur Bisnis dan Pemasaran SIG, Aulia Mulki Oemar, dipandu Host, Andahayani Joseph, diikuti hampir 700 peserta dari Insan SIG Grup, yang terdiri dari karyawan SIG, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan PT Solusi Bangun Indonesia dari Wisma Indarung, Jumat (30/09/2022).

Dalam sambutannya Aulia mengatakan, kegiatan Learn and Share Core Values AKHLAK kali ini mengusung tema Trust and Competence : Key to Success. “Kita ingin menekankan pentingnya sifat amanah dan kompeten sebagai bagian kunci kesuksesan,” ujar Aulia.

Sementara, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri dalam menjabarkan sifat amanah dan kompeten, menyebut amanah dan kompeten merupakan sifat yang utama dan saling melengkapi.

Dikatakannya, amanah merupakan sifat yang dapat dipercaya dalam diri seseorang dalam segala hal, baik dilingkungan keluarga, pergaulan, sekolah dan kantor.

 “Menjalankan sikap amanah kita perlu berkaca dan mengikuti jejak Proklamator Bung Hatta yang selalu dapat dipercaya selama masa hidupnya. Bung Hatta, selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran” ujar Oktoweri.

Sedangkan Kompeten, menurut Oktoweri merupakan suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan di bidang tertentu yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan sesuai dengan jabatan yang sedang disandangnya.

“Kompeten tidak hanya mengetahui apa yang harus dilakukan, tetapi juga melakukan apa yang telah diketahui sebelumnya. Karena kompeten merupakan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan sikap dasar dalam nilai yang tercermin ke dalam kebiasaan berpikir serta bertindak,” ungkap Oktoweri. 

Ditemui terpisah, salah seorang peserta Learn and share values AKHLAK, Wahyu Rosita atau yang akrab disapa Bunga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, terutama kepada nara sumber yang telah memberikan insight baru kepada peserta serta game seru dan hadiahnya yang sangat menarik. 

"Makasih SIG, wadah ini sangat penting untuk memberikan pencerahan kepada kita, sejauh mana pentingnya core values AKHLAK, sehingga dapat diimplementasi dengan baik, terutama bagi diri kita sendiri," tutur Bunga.

Tanggapan senada juga disampaikan peserta lainnya, Maman Abdurrahman dari Unit TPM Officer.  "Sosialisasi terkait nilai-nilai  AKHLAK harus tetap dilakukan secara berkala sebagai ajang refreshment bagi seluruh insan SIG sekaligus memperkuat dan memperkaya pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam budaya AKHLAK itu sendiri," kata Maman. 

Kementerian BUMN menetapkan core value AKHLAK sebagai salah satu strategi transformasi Human Capital Kementerian BUMN guna meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global, serta menjadikan BUMN sebagai pabrik talenta.

Sebagai bagian dari perusahaan BUMN, SIG Grup mewajibkan seluruh karyawannya menjadikan AKHLAK sebagai budaya kerja dan harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.  (*)
 
Top