PADANG ,Lintas Media News.
Pasar Pagi Forum Nagari Kelurahan Padang Besi yang telah selesai dibangun oleh PT Semen Padang melalui program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) bersama Forum Nagari Kelurahan Padang Besi, diresmikan, Jumat, (29/7/2022) siang. 

Peresmian pasar pagi yang berada di Simpang Mutiara, Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang itu, ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Ketua KAN Luki, Basri Dt Rajo Usali, dan Ka.Sie Program TJSL Semen Padang, Hendrik Dela Roza. 


Bertemakan "Dengan Adanya Pasar Pagi Forum Nagari Padang Nesi Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kelurahan Padang Besi dan Sekitarnya", peresmian pasar pagi itu turut dihadiri Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifandi, perwakilan Kapolsek Luki dan Danramil 04/Lubeg. 

Kemudian, juga hadir Lurah se-Kecamatan Luki atau yang mewakili, pengurus Forum Nagari Kelurahan se-Kecamatan Luki, tokoh masyarakat Luki, seluruh RT dan RW, serta bundo kanduang dan pemuda Kelurahan Padang Besi. 

Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifandi mengapresiasi Forum Nagari Padang Besi, termasuk PT Semen Padang yang telah mendorong pembangunan pasar pagi ini, serta Kodim 0312/Padang yang turut membangun fasilitas berupa toilet di pasar pagi ini. 

Ia berharap, pasar pagi ini dapat menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya Padang Besi. Karena, dampak Covid-19 membuat sektor ekonomi masyarakat kewalahan. Bahkan, ada juga yang mengalami PHK dari tempat kerjanya. 

"Kami salut dengan upaya Forum Nagari Padang Besi, Semen Padang serta Kodim 0312/Padang yang telah berusaha membangkitkan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Semoga, pasar pagi ini dapat menarik banyak pengunjung, sehingga terjadi pergerakan ekonomi dan perputaran uang di pasar pagi ini," katanya. 

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KAN Luki, Basri Dt Rajo Usali. Kata dia, sejak Forum Nagari Padang Besi didirikan pada 2015, baru tahun 2022 ini ada program yang menurutnya, sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat, yaitu pembangunan pasar pagi. 

Ia berharap, forum nagari kelurahan lainnya di Luki juga dapat menjadikan terobosan dari Forum Nagari Padang Besi ini sebagai contoh, mengingat semua forum nagari di Kecamatan Luki bernaung di bawah KAN. 

"Untuk itu, saya berharap semua forum nagari yang ada di Luki dapat menjadikan apa yang dilakukan Forum Nagari Padang Besi ini sebagai motivasi untuk lebih baik lagi, meskipun selama ini semua forum nagari telah menjalankan programnya dengan baik," kata Basri. 

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, PT Semen Padang mendukung pembangunan pasar pagi ini, karena merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). 

Ka. Sie Program TJSL Semen Padang, Hendrik Dela Roza menambahkan bahwa pembangunan Pasar Pagi Forum Nagari Kelurahan Padang Besi ini adalah wujud dari kepedulian PT Semen Padang terhadap lingkungan. "Mudah-mudahan, pasar pagi ini berkembang dengan baik, dan menjadi 
pasar sentral seperti yang diharapkan bersama," kata Hendrik. 

Ketua Forum Nagari Kelurahan Padang Besi, Dasrial mengatakan, pasar pagi ini merupakan program unggulan Forum Nagari Padang Besi dan pembangunan pasar pagi ini dapat terlaksana, karena dukungan semua pihak, terutama PT Semen Padang. 

Pembangunan pasar pagi ini, berawal dari aspirasi masyarakat Padang Besi yang menginginkan adanya pasar pagi di Padang Besi. Apalagi, populasi penduduk di Padang Besi cukup banyak, lebih dari 6000 jiwa. Aspirasi itu kemudian diajukan ke CSR Semen Padang. 

"Alhamdulillah, pemohonan tersebut disetujui oleh PT Semen Padang, dan hari ini Pasar Pagi Forum Nagari Padang Besi diresmikan. Insya Allah, aktifitas pasar ini akan segera dimulai dalam waktu dekat. Kami yakin keberadaan pasar pagi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19," ujar Dasrial. 

Pasar pagi ini, sebutnya, memiliki 11 kios terbuka yang akan ditempati oleh masyarakat Padang Besi. Namun begitu, masyarakat di luar Padang Besi juga berkesempatan untuk berjualan di pasar pagi ini, karena pengurus pasar pagi nantinya akan memfasilitasi pedagang di luar Padang Besi untuk berjualan. 

"Semua kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan harian akan disediakan di pasar pagi ini. Kami mohon dukungan semua pihak, serta seluruh masyarakat Padang Besi dan sekitarnya, agar aktifitas pasar pagi dapat berjalan dengan baik, dan bisa berkembang seperti harapan bersama," pungkasnya.(*)
 
Top