Pariaman-- Lintas Media News.
DP3AKB Kota Pariaman memfasilitasi acara Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Pariaman, yang digelar oleh BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Selasa (12/4) di Ruang Rapat Walikota Pariaman.

Discusi ini diadakan untuk membentuk kembali Kampung Keluarga Berkualitas (KB) baru di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Kota Pariaman.

DP3AKB Kota Pariaman memfasilitasi acara Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Pariaman, yang digelar oleh BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Selasa (12/4) di Ruang Rapat Walikota Pariaman.

Acara FGD tersebut langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad, yang didampingi oleh Kadis P3AKB Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit, Ketua TP PKK Kota Pariaman yang diwakili oleh Yosnelli Balad, serta dihadiri juga oleh perwakilan Kecamatan, Kepala OPD terkait, dan PLKB se-Kota Pariaman, dan Narasumber

FGD dengan tema “Kebijakan dan Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas”, yang disampaikan oleh Narasumber Dra.Desra, MM , Koord. Bidang Dalduk Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu Sekdako Yota Balad menyampaikan bahwa di Kota Pariaman saat ini sudah ada 6 (enam) Kampung KB atau Kampung Keluarga Berkualitas yang terbentuk sesuai dengan apa yang dilaporkan oleh Kadis P3AKB Gusniyeti Zaunit.

Enam Kampung KB tersebut adalah 2 di Kecamatan Pariaman Utara yaitu Desa Naras 1 dan Desa Tungkal Utara, 1 di Kecamatan Pariaman Tengah yaitu Kelurahan Karan aur , 2 di Kecamatan Pariaman Selatan yaitu di Desa Pungguang Ladiang dan Desa Taluak, 1 di Kecamatan Pariaman Timur yaitu Desa Kp. Baru Padusunan.

Selanjutnya Yota Balad mengatakan kampung KB ini meliputi semua aspek kehidupan yang salah satunya adalah untuk memutus mata rantai kemiskinan, karena tujuan dari Kampung KB ini adalah dalam rangka menyejahterakan masyarakat. Untuk itu mari kita bersama-sama saling bersinergi, supaya Kampung KB yang ada di Kota Pariaman semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera, jelasnya.

Melalui FGD ini diharapkan selain 6 Desa/Kelurahan yang sudah terbentuk Kampung KB nya, juga akan terbentuk lagi Kampung KB yang baru di seluruh Desa/Kelurahan  pada 4 Kecamatan yang ada di Kota Pariaman.

Selanjutnya Desra, MM , Koord. Bidang Dalduk Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat menyampaikan hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri, sekarang kampung KB dirubah menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Berada disatuan wilayah setingkat desa, dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.
            
“Perubahan tersebut adalah intervensi dari semua sektor, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan, hingga pembangunan, sehingga melibatkan semua lintas sektor dalam pemerintahan. Dengan memperkenalkan kampung keluarga berkualitas, tidak hanya mengajak masyarakat ikut ber KB, atau ikut menggunakan alat kontrasepsi, akan tetapi kehadirannya kampung KB itu juga untuk membangun kampung dari seluruh sektor”, terang Ny. Desra. (ND)
 
Top