Anggota DPR RI Andre Rosiade (dua dari kiri), Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar (dua dari kanan) pada acara penyaluran bantuan sebanyak 1.500 zak semen dari SIG yang tergabung dalam 10 BUMN  kepada Bupati Pasbar Hamsuardi, di Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat.

PASBAR,Lintas Media News.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang tergabung  dalam 10 BUMN, turut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat. Sabtu (5/3/2022), BUMN semen itu menyerahkan bantuan berupa semen sebanyak 1.500 zak. 

Bantuan semen SIG tersebut disalurkan melalui PT Semen Padang dan diserahkan di lokasi bencana oleh anggota DPR RI Andre Rosiade kepada Bupati Pasbar Hamsuardi, dan turut disaksikan oleh Plt. Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar. 

Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar mengatakan, bantuan sebanyak 1.500 zak semen itu merupakan bentuk kepedulian SIG terhadap bencana yang menimpa saudara-saudara yang berada di Pasaman Barat.
"Ini bantuan lanjutan setelah sebelumnya PT Semen Padang mengirimkan relawan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan asessment dampak gempa. Dari hasil asessment tersebut, PT Semen Padang langsung mengirim tim medis dari Semen Padang Hospital, obat-obatan, sembako dan juga tambahan relawan dari TRC Semen Padang ke lokasi bencana gempa,"  kata Asri Mukhtar yang didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Oktoweri, dan Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin.

Asri melanjutkan, sehari pasca-gempa UPZ Baznas Semen Padang juga mengirim tambahan sembako ke lokasi bencana. "Kami juga berkalaborasi dengan Satgas Bencana BUMN," kata Asri Mukhtar.

Pada Sabtu (6/3/3033), PT Semen Padang melalui UPZ Baznas Semen Padang juga mengirim bantuan tenda pengungsian dan sembako untuk masyarakat terdampak gempa di Timbo Abu, Nagari Kajai, Talamau, Pasbar. Namun karena longsor yang menimbun badan jalan menuju Timbo Abu, akhirnya UPZ Semen Padang kembali ke Padang. 

"Bantuan sembako dan tenda itu dikirim bersamaan dengan bantuan semen SIG. Bantuan tersebut disalurkan ke Timbo Abu via Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Sayangnya, sekitar 13 KM dari Timbo Abu, ada longsor yang menimbun badan jalan. Insya Allah, kalau jalan sudah bisa dilalui, bantuan tersebut akan kembali disalurkan ke Timbo Abu," ujar Asri.


Anggota DPR RI Andre Rosiade mengucapkan terimakasih kepada SIG yang telah menyalurkan bantuan semen. Bahkan, anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN itu juga mengapresiasi PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG. Sebab, beberapa jam pasca-gempa, Semen Padang langsung mengirimkan bantuan sembako, relawan dan tim medis ke lokasi bencana gempa. 

 
"Saya bangga dengan gerak cepat yang dilakukan Semen Padang, termasuk BUMN lainnya di Sumbar. Semuanya berkalaborasi dalam menanggulangi dampak gempa di Pasaman Barat," kata Andre usai menyerahkan bantuan 10 BUMN di kawasan Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat. 

10 BUMN itu adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berupa 1.500 zak semen (setara Rp100 juta),  Bank Mandiri Rp250 juta, BRI Rp250 juta, BNI Rp150 juta, Pertamina Rp150 juta, Telkomsel Rp100 juta, Pelindo Rp100 juta, PTPN Rp100 juta, Pupuk Indonesia Rp100 juta, dan Hutama Karya Rp100 juta. 

"Kami datang bersama 10 BUMN untuk membantu meringankan bantuan masyarakat yang terdampak gempa. Alhamdulillah, total bantuannya Rp1,4 miliar," ujar Andre didampingi Ketua DPRD Pasaman Barat Eriyanto, Ketua DPC Gerindra Pasaman Barat Maryanto dan juga perwakilan 10 BUMN. 

Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade dan juga 10 BUMN yang mengantarkan bantuan ke lokasi gempa Pasbar. “Harapan kita, dengan kehadiran Pak Andre Rosiade dan 10 BUMN, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pabar. Karena masih ada  ribuan rumah yang rusak karena gempa," katanya. 

Selain ribuan rumah rusak,  katanya melanjutkan, seanyak 15 ribu orang mengungsi dibeberapa tempat. Di antaranya di halaman kantor bupati dan rumah bupati. Bahkan di halaman kantor bupati, ada sebanyak 2.800 pengungsi. 

"Sisanya, mengungsi di rumah bupati dan di perkampungan-perkampungan yang dianggap aman dari gempa susulan atau bencana lain seperti banjir dan longsor. Apalagi pasca-gempa, cuaca di Pasbar juga buruk, sering hujan dan juga sering terjadi longsor dibeberapa lokasi," ujarnya. 


Ketua Satgas Bencana BUMN Sumbar M Atif Faturrahmah yang juga Kadivre Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar menambahkan bahwa BUMN sudah hadir sejak hari pertama gempa terjadi pekan lalu. “Kami harap apa yang kami lakukan dan berikan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga proses pemulihan lebih cepat, lebih tanggap,” katanya.(*)

 
Top