Padang, Lintas Media News

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 tingkat Provinsi Sumbar dilaksanakan berkolaborasi antara PWI Sumbar, Polda Sumbar dan Pemprov Sumbar, dengan menggelar berbagai agenda kegiatan dan puncaknya Selasa tanggal 22 Februari 2022 di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Keputusan peringatan HPN 2022 merupakan hasil keputusan rapat yang berlangsung di PWI Sumbar, Rabu (2/2/2022). Hadir Ketua PWI Heranof Firdaus, S.Sos., Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setyanto dan Kadis Kominfotik Drs. Jasman, MM Dt. Bandaro Bendang.

"Peringatan HPN 2022 ini bersejarah karena kita kolaborasikan dengan Polda dan Pemprov. Salah satu isi acara adalah MoU antara PWI dan Polda dalam menindaklanjuti MoU Dewan Pers dan Kapolri soal penerapan UU No.40/1999 tentang Pers," kata Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus yang didampingi oleh Sekretaris PWI, Wakil Ketua dan Anggota Dewan Kehormatan PWI.

Selain itu, agenda HPN 2022 tingkat Sumbar ini diisi dengan penyerahan hadiah Lomba Menulis, Video dan Foto yang dilaksanakan Polda Sumbar, pesertanya wartawan dan wajib disiarkan di media massa.

"Hingga sekarang pesertanya sudah 39 orang. Masih terbuka lomba ini dari 15 September 2021 hingga 10 Februari 2022 mendatang. Hadiahnya pun jutaan rupiah dari Pak Kapolda," kata  Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setyanto.

Sebagai kepedulian kepada sesepuh dan janda wartawan, pada puncak HPN 2022 Sumbar ini juga direncanakan pemberian santunan berupa paket yang disediakan oleh Kapolda. Jumlahnya sekitar 30 paket, yang diserahkan secara simbolis pada acara puncak HPN, sedangkan sisanya diantar ke rumah sesepuh dan janda wartawan anggota PWI.

Dalam rapat persiapan HPN 2022 ini disepakati pula agenda Anjangsana Pers ke kampung tokoh pers nasional asal Sumbar yaitu ke Talawi Kota Sawahlunto mengunjungi rumah Adinegoro dan ke kampung Roehana Kudus di Koto Gadang, Kabupaten Agam.

"Kedua tokoh pers ini, Adinegoro dan Roehana Kudus sangat dihormati di tingkat nasional, karena tidak hanya sebagai wartawan tetapi juga pejuang. Maka kita sebagai generasi penerusnya beranjangsana mengenang karya dan perjuangan kedua tokoh legendaris itu," kata Kombes Pol Satake Bayu Setyanto.

Kapolda Sumbar, kata Satake Bayu Setyanto, akan memfasilitasi kunjungan Anjangsana Pers ini dengan menyediakan mobil bus dan vorider. Peserta Anjangsana Pers ini adalah para Pengurus PWI Sumbar, utusan Polda Sumbar dan utusan Dinas Kominfotik Sumbar.

Agar HPN 2022 Tingkat Sumbar ini berlangsung meriah, juga sedang digagas penyelenggaraan pertandingan sepakbola gembira antara Kesebelasan Polda Sumbar, Kesebelasan Pemprov dan Kesebelasan PWI Sumbar. "Tempat dan waktunya belum ditetapkan, tetapi ini ide bagus untuk silaturahmi. Apalagi Buya Mahyeldi sangat hobi bermain sepakbola," kata Kadis Kominfotik Drs. Jasman Dt. Bandaro Bendang. (*/b)
 
Top