Padang Panjang.LintasMedia.com
Bagi setiap Anggota DPRD menampung aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses merupakan amanah undang – undang yang harus mereka lakukan 20 orang Anggota DPRD Kota Padang Panjang harus melaksanakan kegiatan menyerap aspirasi rakyat di Daerah Pemilihannya masing-masing. 
Dengan menenerapan protokol pencegahan covid-19 maka kegiatan reses Catur Wulan 1 tahun 2022 dilakukan dengan konstituen berlangsung Khidman dengan dibumbui pertanyaan dan permintaan dari para undangan.

Nasrulah Nukman, terjun bertemu langsung dengan masyarakat dapilnya0 di Yayasan Permata Center Pasar Usang Padang Panjang Barat, kota Padang Panjang, Sabtu, 5 Januari 2022.
.
Kegiatan reses catur wulan 1 dalam laporan kegiatan reses dan selanjutnya akan disampaikan ke Pemerintah Kata Padang Panjang untuk mendapatkan tindak tindak lanjut lanjut dari pihak ekskutif, ujar Nasrulah menjawab Lintas Media.com. Selain itu aspirasi masyarakat yang dihimpun dalam kegiatan reses ini, diharapkan menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan, agar pelaksanaan pembangunan dapat tepat sasaran dan sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakat di daerah, ujar Nasrulah.

Lebih  jauh Nasrulah Nukman mengatakan, reses anggota dewan tersebut dalam rangka menjaring aspirasi dari masyarakat. Di samping itu juga menjalin silaturahmi dengan konstituen.

Dalam reses tersebut, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi mereka terhadap kebutuhan di wilayahnya.
Aspirasi itu nantinya akan dihimpun dan dibawa untuk selanjutnya ke Pemko Padang Panjang melalui OPD terkait untuk ditindak lanjuti.

Intinya, selaku anggota dewan yang mewakili suara masyarakat, kewajiban kita untuk menyalurkan dan menyampaikan setiap usulan dan aspirasi masyarakat, sembari menggiringinya untuk menjadi sebuah kegiatan dari apa yang mereka usulkan.

Sejatinya, dipemerintah daerah sendiri, dana dan anggaranya sudah tersedia. Masalahnya, selama ini masyarakat abai dan kurang paham dengan anggaran pembangunan daerah. Melalui reses inilah, kita beri sedikit pemahaman kepada masyarakat terkait, berbagai dana dan program pemerintah daerah yang bisa masyarakat raih, ujar Pentolan PKS ini menjelaskan.

Hirarkinya, jika masyarakat jeli, ulet dan rajin bertanya, banyak program bantuan masyarakat yang parkir di banyak OPD. Baik itu bantuan langsung, bantuan berkala, bantuan untuk kelompok. Samua ada,  kesemua anggaran dan program itu untuk masyarakat.

Sekali lagi Nasrulah tekankan, jika belum semua usulan masyarakat terakomodir dalam Musrembang. Melalui Reses ini lah, kita akomodir ususlan masyarakat untuk dapat direalisasikan dalam bentuk kegiatan. Intinya, masyarakat harus punya program usulan yang bisa kita jembatani dengan pemerinta daerah, pungkas Nasrulah Nukman.(Son)
 
Top