Dharmasraya.Lintasmedianews.com, - Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKLU) lakukan survei terhadap salah satu lansia di jorong Sialang , kenagarian gunung selasih, kecamatan pulau Punjung, kabupaten Dharmasraya.

Ketua LKLU Yenisisri SH bersama rombongan dan kepala jorong Sialang melakukan Survei kerumah salah satu lansia bernama Nursiah(73 th),ibu satu anak.

Nursiah yang kerap di panggil Tek Nur ,tinggal di lahan kebun warga  seorang diri dikunjungi oleh tim LKLU dan Lintasmedia .Dengan kehidupan yang notabenenya kurang mampu,ia bekerja sebagai mengumpulkan pinang milik warga untuk kebutuhan sehari-hari.namun dengan kondisi tubuh yang sudah tua renta dan sakit-sakitan seminggu ini, mengakibatkan dirinya tak dapat bekerja.
Berdasarkan data dari kepala Jorong, ternyata nenek ini telah banyak menerima bantuan dari berbagai sumber baik itu dari BAZNAS maupun family sport,yang kadang berupa hewan ternak ataupun sembako.namun itu tidak juga membuat kehidupan nenek ini disebut mampu, karena yang sebenarnya dibutuhkan oleh usia lansia seperti ini hanyalah sebuah perhatian dan kasih sayang.

"sesuai survai lansung kita terhadap lansia yg sudah kita bantu dan sudah kita titipkan pada pak wali ,yang kita kira sudah mendapatkan kesejahteraan luar biasa.namun disaat kita lakukan survai secara diam-diam ternyata lansia kita masih saja seperti itu. Dan ternyata kunci utama untuk lansia potensial atau non potensial sejahtera adalah tak lain berupa perhatian dan kasih sayang.ini yang jadi bahan pertimbangan bagi LKLU untuk mencanangkan sebuah program lingkungan ramah lansia yang akan dipusatkan pada lansia produktif dan keluarga lansia di Dharmasraya."argumen Yenisisri.

"Rencananya akan  dirancang sekolah lansia dan pesantren lansia untuk para lansia potensial, sedangkan untuk lansia non potensial diberikan bantuan dan tempat tinggal di rumah singgah"lanjutnya.

"Alangkah baiknya jika didirikan rumah singgah di Dharmasraya, karena lansia seperti Tek nur ini bisa memanfaatkan rumah singgah itu"harap Marlis kepala jorong Sialang.

Dengan adanya program lingkungan ramah lansia,maka para lansia akan mendapatkan perhatian dan kasih sayang.dan akan menimbulkan rasa motivasi dari dalam diri mereka.(Elda)
 
Top